Makassar (ANTARA Sulsel) - Para peserta International Eight Festival and Forum 2016 atau yang lebih dikenal F8 di Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan, 8-10 September 2016 dijadwalkan mulai berdatangan hari ini.

Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kota Makassar, Muhammad Roem di Makassar, Selasa, mengatakan pihaknya sudah menyiapkan segala sesuatunya mulai dari rencana kedatangan hingga kepulangan para tamu nasional dan internasional tersebut.

"Sesuai rencana akan mulai datang pada 6 September 2016. Adapun untuk puncak kedatangannya kita rencanakan akan terjadi pada 7 September nanti," katanya.

Ia menjelaskan, segala persiapan dalam penyambutan juga telah disusun secara lengkap demi kelancaran dan kesuksesan acara.

Pihaknya juga berharap dukungan seluruh pihak dalam menyukseskan kegiatan internasional ini secara bersama-sama. Apalagi ajang ini memberikan banyak manfaat khususnya dalam hal promosi berbagai desinasi.

Selain diikuti puluhan peserta dari negara asing, ajang F8 ini juga akan diikuti sebanyak 32 kabupaten/kota di Indonesia diantaranya Cilegon, Kediri, Luwuk Banggai, Probolinggo, Sawahlunto, Bima, Solo, Bogor, Sambas, Bitung, Parigi, serta Kolaka.

Selanjutnya Bolmong Utara, Wakatobi, Palangkaraya, Pangandaran, Padang Panjang, Pekalongan, Buton Utara, Lampung Selatan, Sulawesi Tengah dan Gorontalo termasuk kabupeten di Sulsel seperti Bone, Enrekang, Jeneponto, Luwu Timur, Maros, Palu, Pangkep, Soppeng, Toraja Utara.

Mengenai keterlibatan sejumlah daerah pada ajang tersebut, tentunya dengan alasan untuk mengenalkan potensi yang dimiliki baik kebudayaan, kuliner, kesenian, hingga termasuk destinasi wisata disetiap daerah masing-masing.

Kehadiran para peserta dari berbagai negara juga menjadi momentum yang tepat dalam mempromosikan segala potensi yang dimiliki dengan harapan bisa meningkatkan pendapatan dan mensejahterahkan masyarakatnya.

"Mereka (daerah peserta) akan menghadirkan berbagai jenis kesenian masing-masing. Tentunya ini menjadi fokus perhatian mereka untuk bisa mempromosikan segala hal yang bisa mengangkat citra dan pariwisata daerah masing-masing," ujarnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024