Makassar (ANTARA Sulsel) - Peluncuruan buku dan dialog sastra, film dan jaringan kerjasama akan menghiasai pelakanaan terakhir International Eight Festival and Forum atau yang lebih dikenal F8 di Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan, hari ini.

Kurator Fiction Writer F8, Asia Ram Prapanca di Makassar, Sabtu, mengatakan buku yang akan diluncurkan itu berjudul "Surat Cinta Untuk Makassar" yang berisi kumpulan cerpen dan puisi hasil dari seleksi 42 penulis lintas generasi di Makassar.

"Selain peluncuran, buku ini juga akan diseleksi bersama kami bertiga yakni Asia Ram Prapanca, Aslan Abidin dan Shinta Febriany," jelasnya.

Untuk buku "Surat Cinta Untuk Makassar" ini senditi tentunya berisikan pengalaman dan perasaan penulis terhadap kota Makassar.

Adapun buku yang diterbitkan oleh De La Macca itu berisi setebal 500 halaman lebih dan dicetak terbatas,

"Jadi yang mau memilikinya bisa ke stand buku IKAPI yang ada di arena fiction writers anjungan Toraja Mandar," Direktur De La Macca, Goenawan Monoharto.

Selain itu, peluncuran buku ini juga dibarengi dengan diskusi sastra film dan jaringan kerjasama yang akan menghadirkan pembicara Mohd Khair Ngadiron (Direktur lnstitut Terjemahan Buku Malaysia) Aslan Abidin (Dosen Sastra FBS UNM) Shinta Febriany Sjahrir (Direktur Kala Teater) Faisal Oddang (Sastrawan)

"Kegiatan tersebut terbuka bagi umum dan dimulai dari jam 15.30 hingga 18.00 wita," ujarnya.

Pelaksanaan F8 ini memang menghadirkan kolaborasi antara sastrawan dari Malaysia dan Singapura dengan puluhan penulis Makassar lintas generasi.

Para sastrawan itu akan tampil dlam kegiatan diskusi, oementasan monolog serta pertunjukan musikalisasi puisi yang telah disiapkan sejak awal.

Selain menerbitkan buku dan penampilan puisi, juga akan dimeriahkan pembacaan dongeng oleh Heru Pendongeng, pembacaan sastra tutur Kelong Makassar oleh Chaeruddin Hakim.

Adapula penulis muda yang sukses memenangkan dan dinobatkan sebagai cerpenis terbaik Kompas tahun 2016, Faisal Oddang juga diagendakan mengisi buku fiction writers tersebut.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024