Makassar (ANTARA Sulsel) - Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo menyatakan Makassar yang menjadi ibu kota provinsi itu memang selama ini selalu sukses ketika dipercaya menjadi penyelenggara kegiatan besar baik berskala nasional hingga internasional.

Gubernur Sulsel di Makassar, Selasa, menyatakan itu terkait keinginan PSSI dan penolakan Kemenpora untuk melaksanaan kongres Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) pada 17 Oktober 2016.

"Hampir seluruh kongres di Sulsel seluruhnya berjalan aman dan lancar. Sampai hari dan mudah-mudahan bisa terus bertahan seperti itu kedepan," jelasnya.

Ia menjelaskan, Sulawesi Selatan pada umumnya dan khususnya Makassar memang telah dipersiapkan menjadi pilar dan penyangga utama kepentingan nasional.

Hal itu juga termasuk dalam berbagai aktifitas yang ada seperti halnya program pelaksanaan kongres PSSI di Makassar pada 17 Oktober 2016.

Menurut dia, segala fasilitas MICE apalagi cuma kongres, itu sudah terbiasa dilakukan di Makassar. Jangankan jumlah yang sedikit, jumlah peserta yang ratusan ribu peserta saja bisa kita tampung.

"Katakanlah kongres NU dan Muhammadiyah, bisa dilaksanakan disini (Makassar) baik tanpa ada masalah. Disampaikan kongres di Makassar, saya dan pak wali secara diam-diam telah merespon (melakukan persiapan) untuk menghadapi ajang tersebut," ujarnya.

Sementara soal sepak bola, kata dia, itu memiliki peran penting karena menjadi hiburan dan memberikan kegembiraan kepada seluruh lapisan masyarakat di Sulsel.

Apalagi masyarakat Sulsel itu fanatik bola, oleh karena itu mau melihat tentu saja aktifitas sepak bola secara nasional dilaksanakan di daerah ini.

"Kita sangat siap, jangankan kongres PSSI, segala bentuk atau kegiatan-kegiatan baik yang skala nasional hingga internasional juga kita siap. Kita di Sulsel sudah terbiasa menjadi penyelenggara dan memang menjadi penyangga kepentingan nasional," ujarnya.

Adapun terkait fasilitas di Makassar, dirinya juga tidak meragukan. Selain kehadiran Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, juga memiliki jalur transportasi dan hotel yang begitu banyak untuk menampung peserta atau tamu dari luar.

"Fasilitas tentu lebih banyak yang bisa mendukung. Intinya kami begitu siap dan sudah meespon itu (pelaksanaan kongres PSSI di Makassar) sejak awal,` sebutnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024