Makassar (ANTARA Sulsel) - Sekertariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan melalui bidang Kehumasan memboyong wartawan ke Surabaya sebagai bagian dari program penyebarluasan informasi publik.

"Kunjungan ke Surabaya ini bertujuan bagaimana ketertarikan media mengenai dampak penyebaran informasi khususnya kegiatan dewan untuk saling sharing berbagai informasi publik," kata Kepala Sub Bidang Publikasi dan Informasi Kehumasan DPRD Sulsel, Surya Dharma Thomas di Makassar, Kamis.

Dalam diskusi dengan wartawan sebelum keberangkatan, dirinya menyatakan kegiatan tersebut sudah berjalan lima kali dengan menghasilkan keluaran peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia khusus wartawan yang bertugas di kantor dewan dan staf kehumasan.

Selain itu kata dia, penyebaran informasi tentang Sulsel ke sejumlah daerah sejak dilakukan mulai 2005 kemudian sempat terhenti dan dilanjutkan kembali pada 2013-2016 adalah bagian dari program Humas DPRD Sulsel.

"Kegiatan ini intinya saling bertukar informasi apa yang ada pada kami, dibagikan begitupun sebaliknya di daerah kunjungan, kekurangan ataupun kelebihan masing-masing daerah," papar dia

Surya menambahkan hal ini dimaksudkan agar tercipta sinergitas antara wartawan dengan kehumasan dan terjalin hubungan harmonis serta bersinergi dalam menjalankan tugas dan fungsi masing-masing.

Sementara Kepala Bidang Hubungan Masyarakat DPRD Sulsel, Syamsiah pada kesempatan itu menuturkan kegiatan ini sudah mendapat persetujuan dari Sekertaris Dewan termasuk DPRD Sulsel sebagai bagian dari peningkatan kapasitas SDM.

Penyebarluasan Informasi dan Publikasi Kegiatan Dewan sebagai tema yang diangkat tersebut adalah salah satu bentuk pertangungjawaban bidang publikasi dan dokumentasi dewan kepada publik guna menyebarluaskan informasi sesuai fungsinya.

"Ada pertukaran informasi kekinian baik itu datangnya dari Makassar Sulawesi Selatan ke Jawa Timur tepatnya di Surabaya utamanya di DPRD masing-masing," ujarnya.

Mengenai rute kunjungan rombongan ke Surabaya selama dua hari tersebut di mulai ke Kantor DPRD Provinsi Jawa Timur, kantor Redaksi Jawa Pos, kemudian ke Kabupaten Malang tepatnya di Batu Malang serta melihat langsung Industri Kerajinan UMKM di provinsi setempat.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024