Bantaeng (ANTARA Sulsel) - Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Distrik Navigasi Kelas I Makassar melakukan pemasangan sarana bantu navigasi pelayaran (SBNP) visual.

"Bantaeng menjadi kabupaten pertama di Sulawesi Selatan yang melakukan pemasangan SBNP visual," kata Kepala Dinas Perikanan dan kelautan Bantaeng Muh Dimiati Nongpa saat meninjau pemasangan dua unit SBNP di Kampung Birea, Kecamatan Pa'jukukang bersama Wakil Bupati Bantaeng H Muhammad Yasin, Rabu.

SBNP visual diletakkan di perairan Pelabuhan Perikanan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Birea bernilai Rp700 juta perunit.

Pelabuhan PPI Birea salah satu pelabuhan perikanan terbesar yang telah dilengkapi berbagai fasilitas penunjang.

Sementara itu Kepala Seksi Operasi Distrik Navigasi Kelas I Makassar Sirajuddin mengatakan pemasangan SBNP di Birea ini ditujukan untuk meningkatkan keselamatan dan efisiensi bernavigasi serta memudahkan  nahkoda kapal dan nelayan untuk mengetahui arah.

Sedang Wabup menjelaskan pemerintah berkewajiban untuk menjamin keselamatan dan keamanan angkutan perairan. Pemasangan SBNP ini merupakan inovasi dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa di bidang navigasi kelautan.

Sarana bantu navigasi visual adalah fasilitas yang dibangun untuk maksud tertentu yang megkomunikasikan informasi kepada seorang pengamat terlatih di kapal untuk membantu tugas navigasi.

Proses komunikasi ini dikenal sebagai isyarat pelayaran (marine signaling) . contoh-contoh yang umum tentang sarana bantu navigasi visual meliputi menara suar, rambu-rambu, garis tuntun, kapal suar, pelampung, tanda siang serta isyarat lalulintas.

Pewarta :
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024