Makassar (ANTARA Sulsel) - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kota Makassar menggelar "Spermonde Cruise" mengunjungi dan menikmati keindahan panorama Pulau Samalona Makassar, Sulawesi Selatan, 8 Oktober 2016.

Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kota Makassar, Muhammad Roem di Makassar, Rabu, mengatakan untuk kegiatan ini direncanakan dihadiri ratusan wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia.

"Untuk program "Spermonde Cruise" ini dengan mengajak para wisatawan untuk berkunjung dan berkeliling menikmati potensi wisata Pulau Samalona," katanya.

Ia menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya Disparekraf Makassar menggairahkan dan meningkatkan kunjungan wisatawan kdi ibu kota Sulawesi Selatan tersebut.

Pihaknya juga akan terus melakukan terobosan baru untuk menarik dan mendatangkan banyak wisatawan baik lokal, domestik dan mancanegara untuk berkunjung di "Kota Daeng".

"Khusus untuk paket wisata ini memang difokuskan untuk wisatawan domestik drai berbagai daerah di Indonesia. Kami tentunya berharap kegiatan ini mendapat respon positif dan banyak mendatangkan wisatawan di Makassar," jelasnya.

Sementara itu, Badan Pusat Statistik Sulawesi Selatan merilis data jumlah wisatawan mancanegara yang masuk melalui pintu Makassar itu mencatat angka sebanyak 1.287 orang pada Agustus 2016.

Dia mengatakan, khusus untuk bulan Agustus ini jumlah pelancong itu sebanyak 1.287 orang atau sedikit mengalami penurunan dibandingkan bulan sebelumnya yang mencatat angka sekitar 1.355 orang.

Nursam mengaku, penurunan jumlah angka pelancong mancanegara ini tidak terlalu signifikan karena dari satu bulan ke bulan lainnya atau dengan persentase hanya sekitar 5,02 persen.

Adapun dari jumlah itu, terdapat lima negara yang menjadi penyumbang terbesar wisatawan mancanegara yakni, Malaysia, Jerman, Prancis, Jepang dan Singapura.

"Kalau melihat negara penyumbang wisatawan berdasarkan lima negara teratas itu ada yang dari Benua Asia seperti Jepang, Malaysia dan Singapura. Kemudian dari Benua Eropa yakni Jerman dan Prancis," katanya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024