Makassar (ANTARA Sulsel) - Tiga orang mahasiswa Universitas Islam Bandung (Unisba) mulai mengikuti perkuliahan di Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar setelah pihak Unisba mengantar ketiga mahasiswa itu.

"Mereka sudah mulai ikut belajar bersama mahasiswa lainnya dan memang ini adalah program yang kita bangun bersama Fakultas Teknik Unisba," ujar Dekan FTI UMI Makassar Zakir Sabhara di Makassar, Selasa.

Ketiga mahasiswa dari Fakultas Teknik Unisba itu diantar langsung oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahsiswaan Dr Rakhmat Ceha, M.Eng beserta Kepala Jurusan FT Unisba Djamaluddin ST, MAB.

Zakir mengaku, mahasiswa dari FTI UMI sendiri yang akan dikirim ke FT Unisba baru akan diantar pekan depan sebanyak dua orang setelah melewati serangkaian tes.

"Insya Allah pekan depan kita antar langsung kedua mahasiswa yang terpilih itu. Dua mahasiswa yang kita antar untuk pertukaran pelajar itu pastilah yang terbaik," katanya.

Sebelumnya, Sivitas Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia (FTI UMI) bersama Fakultas Teknik Industri Universitas Islam Bandung (Unisba) sepakat melakukan kerja sama di bidang penelitian diawali dengan pertukaran mahasiswa.

Rombongan sivitas FT Unisba sendiri dipimpin oleh Ketua Jurusan Teknik Industri Univeristas Islam Bandung Djamaluddin ST, MAB. Bersama rombongan, mereka diterima Dekan FTI UMI Makassar Zakir Sabhara dan para ketua jurusan.

Saat ini, lanjut dia, fasilitas pendukung beserta sarana dan prasarana di FTI sangat siap untuk berbagai kegiatan kemitraan khususnya implementasi tridarma perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri

Persyaratan yang ditetapkan Kemenristek Dikti untuk perguruan tinggi (PT) pengirim dan penerima FTI UMI sangat memenuhi persyaratan sebagai perguruan tinggi dan program studi yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN PT).

Penetapan program studi melalui Kopertis, FTI UMI juga mendapat mandat dari Kopertis Wilyayah IX untuk mengirim mahasiswanya mengikuti program permata yang Insya Allah akan juga ditempatkan di UNISBA dengam program satu semester.

Dengan kurikulum yang ditawarkan termasuk mata kuliah hingga tugas akhir praktek kerja lapangan/industri, magang, internship atau praktek pengalaman lapangan dengan mengutamakan pembimbingan bersama.

Syarat mahasiswa yang ikut program permata adalah mahasiswa aktif semester lima sampai dengan semester tujuh dengan memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 3.0 dan mengisi serta menandatangani formulir pendaftaran program.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024