Makassar (ANTARA Sulsel) - Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat, Ikatan Pengkaji Lingkungan Hidup Indonesia (Inkalindo), Poerna Sri Oetari resmi melantik dan mengukuhkan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Inkalindo Sulawesi Selatan Periode 2016-2019 di Makassar, Senin.

Oetari mengatakan organisasi profesi pengkaji lingkungan hidup ini secara nasional memiliki kesetaraan dan diakui internasional.

"Inkalindo memadukan segenap potensi pengkaji lingkungan hidup Indonesia untuk upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup," ujarnya.

Inkalindo, kata dia, adalah organisasi profesi pengkaji lingkungan hidup yang menghimpun para pengkaji lingkungan hidup Indonesia yang bersifat independen dijiwai oleh kode etik pengkaji lingkungan hidup Indonesia.

"Kajian lingkungan hidup adalah berupa kegiatan AMDAL, UKL-UPL, DPPLH dan DELH, KLH dan produk kajian lingkungan hidup lainnya sesuai dengan undang-undang di bidang lingkungan hidup NKRI," paparnya.

Sementara Ketua DPW Inkalindo Sulsel Abdul Haris Djalante mengatakan Inkalindo memiliki visi untuk ikut serta dalam program perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

"Saya yakin dan percaya, Insya Allah dengan profesionalisme dan semangat persaudaraan yang dimiliki DPW Inkalindo Sulsel. Kami akan jadikan organisasi ini sebagai salah satu pilar pokok pembangunan berkelanjutan lingkungan hidup khususnya di Sulsel, katanya.

Haris menambahkan, Inkalindo Sulsel akan mewadahi personil pengkaji lingkungan hidup dan mendorong kompetensi ahli lingkungan serta menjaga kelestarian lingkungan hidup di Indonesia.

"Kami terima amanah ini, dan akan kami besarkan Inkalindo di Sulsel," ucap Abdul Haris yang disambut tepukan hadirin saat menyampaikan pidatonya.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024