Mamuju (ANTARA Sulbar) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menyiapkan benih jagung hibrida sekitar 25.000 kilogram untuk meningkatkan produksi jagung yang ada di Sulbar.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulbar Hamzah di Mamuju, Senin, mengatakan pemerintah di Sulbar menyiapkan benih jagung hibrida sekitar 25.000 kilogram dan 700 kilogram benih jagung hibrida manis.

Ia mengatakan program tersebut untuk peningkatan produksi pertanian untuk komoditi jagung dalam rangka mendorong ekonomi daerah dari sektor pertanian.

Menurut dia, pemerintah di Sulbar juga melakukan optimalisasi lahan tidur sebanyak 20 hektare untuk tanaman jagung juga untuk peningkatan sarana pertanian jagung di Sulbar.

Produksi jagung Sulbar dalam lima tahun terakhir mengalami peningkatan, produksi jagung di Sulbar diklaim tertinggi secara nasional, sehingga Sulbar terus mengandalkan komoditas jagung sebagai andalan menyumbang sektor pertanian.

Hamzah mengatakan, pemerintah daerah setempat akan terus memberikan bantuan benih jagung kepada petani, selain menambah luas areal tanaman jagung untuk meningkatkan produksinya mencapai 120 ribu ton pertahun.

"Jagung dengan benih unggul bermutu juga terus berupaya diprogramkan pengadaannya agar selain produksi tinggi kualitas juga memadai," katanya lagi.

Ia menyatakan budi daya tanaman jagung di Sulbar sangat menjanjikan dikembangkan karena iklim yang cocok untuk tanaman itu dan akan membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat di sektor pertanian untuk meningkatkan kesejahteraan.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024