Makassar (ANTARA Sulsel) - Atlet sejumlah negara dijadwalkan meramaikan kejuaraan jetski terbuka "Makassar Jetski Walikota Cup Open Championship" yang dipusatkan di Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan, 12-13 November 2016.

Ketua Panitia Kejuaraan jetski, Fachmi Mochtar di Makassar, Rabu, mengatakan para peserta yang telah diundang dan melakukan konfirmasi itu diantaranya berasal dari Malaysia, Filipina dan Thailand.

"Untuk peserta dari dari ASEAN memang sudah kita kirimkan undangannya dan sudah mendapatkan konfirmasi. Kami berharap wakil negara ASEAN ini memang pada akhirnya bisa tampil dan meramaikan kejuaraan ini,"katanya.

Ia menjelaskan, pada rencana awal memang difokuskan untuk menjadikannya sebagai kejuaraan nasional (kejurnas).

Namun karena ingin mengakomodasi berbagai peserta asing yang juga memberikan respon maka skala kejuaraannya lebih diperbesar yakni seperti kejuaraan terbuka atau Open Championship Jetski Makassar 2016.

"Makanya kita bermohon kepada dispora untuk lebih memperluas skalanya agar bisa mengakomodir para atlet dari luar negeri. Apalagi kita lihat banyak potensi kegiatan ini diikuti banyak peserta asing," ujarnya.

Terkait keputusan tidak membuka dalam lingkup antar-Benua, kata dia, karena dinilai waktunya yang memang lebih lama.

Menurut dia, jika dilaksanakan dalam lingkup benua maka pihaknya minial membutuhkan persiapan selama enam hingga tujuh bulan. Hal itu dikarenakan pihaknya harus lebih dulu bermohon ke IJBA yang merupakan organisasi jetski dunai.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Makassar, Ahmad Hendra Hakamuddin, mengatakan untuk peserta dari Malaysia memang begitu bersemangat dan membeirkan respon yang begitu tinggi terhadap pelaksanaan kejuaraan dalam rangka memperingati hari jadi Kota Makassar tersebut.

Pihaknya juga mengaku optimistis bisa mendatangkan lebih banyak peserta karena mempertandingkan lebih banyak kategori lomba masing-masing Expert Ski Limited, Endurance Open, Novice Runabout Stock, Expert Runabout Stock, Spark Runabout Stock dan Pro Open Runabout.

"Sesuai informasi ketua panitia, akan ada sejumlah negara yang direncanakan hadir dan salah satunya Malaysia yang begitu konform terhadap kejuaraan ini," ujarnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024