Makassar (ANTARA Sulsel) - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Makassar yang akan memperingati Hari AIDS sedunia pada 1 Desember nanti menyiapkan tempat untuk pemeriksaan gratis bagi warga.

"Peringatan hari Aids sedunia akan diperingati setiap tanggal 1 Desember dan kami di KPA Makassar juga akan memperingatinya dengan beragam acara sosialisasi kepada masyarakat," ujar Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal yang memimpin langsung rapat teknis itu di menara Balaikota Makassar, Selasa.

Dia mengatakan, pemeriksaan gratis untuk warga yang rentan terkena dengan tingkat perilaku berisiko diminta agar memeriksakan diri sejak dini pada rumah sakit ataupun tempat-tempat yang menyediakan pemeriksaan gratis tersebut.

"Yang jelas jumlah pengidap HIV/AIDS itu punya fenomena gunung es dan yang kelihatan itu hanya permukaan saja yang dengan sadar memeriksakan dirinya," katanya.

Pada rapat teknis itu dihadiri dari Tim KPA Makassar, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Tenaga Kerja, Badan Narkotika Kota Makassar.

Sekretaris KPA Makassar Mawardi mengatakan Hari Aids di Kota Makassar akan dipusatkan di Lapangan Karebosi Makassar pada Rabu, 7 Desember 2016.

"Di Karebosi, kita akan kampanye soal penanganan HIV/AIDS, dengan slogan temukan, obati, dan pertahankan," kata Mawardi.

Ia mengatakan, setiap orang tidak perlu gengsi untuk memeriksakan diri atau tes darah di rumah sakit atau tempat praktek lainnya karena dengan periksa secara dini bisa mengetahui apa terserang virus HIV atau tidak.

Mawardi menyebutkan, setiap individu yang pernah melakukan hubungan badan sudah dikategorikan masuk dalam perilaku beresiko karena penyebaran HIV/AIDS itu salah satunya dari hubungan badan.

"Agar ada nilai-nilai kesehatannya, kami akan mengadakan check-up secara gratis. Tentunya ini di khususkan bagi siapa saja yang merasa pernah melakukan hubungan badan berisiko. Saya harap yang merasa pernah melakukan hal yang berisiko untuk tidak malu-malu datang periksakan kesehatannya, agar cepat mendapat pertolongan," jelasnya.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024