Mamuju (ANTARA Sulbar) - Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Barat dengan Kepolisian Daerah (Polda) Sulbar bekerjasama melakukan upaya pengamanan transaksi keuangan non tunai.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Perwakilan BI Sulbar Asep Budi Brata dan Kapolda Sulbar Drs Lukman Wahyu Hariyanto, MSi serta dihadiri sejumlah manager BI Sulbar dan Wakapolda Sulbar Kombes Pol Drs Tajuddin, MH, dan jajaran pejabat Polda Sulbar di Mamuju, Selasa.

Pelaksanaan kegiatan tersebut ditandai dengan penandatanganan pokok-pokok kesepahaman antara kepala perwakilan Bank BI Asep Budi Brata dan Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs Lukman Wahyu Hariyanto mengenai penanganan tindak pidana di bidang sistem pembayaran.

Asep Budi Brata mengatakan, ini merupakan upaya sinergi kelembagaan antara BI dan Polri, khususnya di bidang penegakan hukum, sekaligus untuk mewujudkan rasa aman bagi semua pihak dalam melakukan transaksi keuangan non-tunai dan untuk mewaspadai hal tindakan kriminal oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Untuk menekan potensi kriminalitas tersebut, penanganan terhadap dugaan tindak pidana perlu dilakukan secara intensif melalui koordinasi dan konsolidasi yang kuat diharapkan dapat mencegah dan meminimalisir berbagai kejahatan di bidang sistem pembayaran, sekaligus menjadi efek jerah bagi pihak yang akan melakukan kejahatan," katanya.

Sementara itu Kapolda dalam amanatnya berharap dengan pedoman kerja ini dapat menjadi perekat komunikasi yang baik, koordinasi yang intensif, serta kalaborasi sinergitas antara Polri dan BI untuk menjaga dan meningkatkan efektifitas penegakan hukum dibidang sistem pembayaran sekaligus sebagai bentuk pelayanan prima kepada masyarakat untuk memberikan rasa aman dan nyaman.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024