Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengurus Besar Muay Thai Indonesia (PBMI) menyatakan kejuaraan nasional Piala Wapres VI di Lapangan Karebosi Makassar, Sulawesi Selatan, 6-10 Desember 2016, merupakan ajang seleksi bagi atlet untuk bergabung dalam timnas proyeksi SEA Games 2017.

Ketua Umum PBMI, Sudirman di Makassar, Rabu, mengatakan pihaknya akan memilih 10 atlet terbaik dari lima kelas yang dipertandingkan di SEA Games 2017 untuk menjalankan pemusatan latihan demi meningkatkan kemampuan maksimal atlet.

"Ini merupakan momentum tetap bagi setiap atlet untuk bisa membela timnas di SEA Games 2017. Namun untuk bisa bergabung, setiap atlet tentu harus membuktikan memang layak memperkuat timnas," katanya usai pembukaan kejuaraan.

Ia menjelaskan, PBMI pada dasarnya sudah memiliki gambaran atau nama yang dinilai punya potensi.

Para atlet tersebut juga sudah disiapkan menghadapi para atlet dari sejumlah daerah di ASEAN dalam ajang digelar berbarengan dengan jadwal kejurnas Piala Wapres yakni "Asian Muay Championship Road to SEA Games 2017".

Untuk kejuaraan ini sendiri, kata dia memang diikuti tiag negara yakni Thailand, Malaysia dan Indonesia sebagai tuan rumah. Adapun dua negara lain yang sebelumnya mengaku bersedia berpartisipasi yakni Vietnam dan Myanmar, akhirnya batal dengan beberapa alasan.

"Ada sejumlah atlet yang sudah kita masukkan namanya untk bergabung dalam timnas pada ajang yang digelar disela-sela kejurnas Piala Wapres itu. Namun itu sifatya sementara karena masih akan melihat hasil dari kejuaraan ini," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pengprov MI Sulsel, Surachman Tiri pihaknya menghadapi kejurnas 2016 itu menurunkan sebanyak 35 petarung yang akan berlaga di kelas spesaliasi masing-masing untuk merebut prestasi.

Puluhan atlet itu diantaranya Zulkifli, Karman (kategori junior), Michael, Arifuddin, Ikhwan Karunia Surya, Sitti Saenab, Regina,(kategori pra pemula), Ahmad Ihsan, Hafis, Rehan, an Bagas yang tampil di kategori pemula usia 11-12 tahun.

Selanjutnya Dachyar, Iva, M Rian, M Yasril, M Aksa, Riska Amelia (kategori cadet usia 12-14 tahun), Ahmad Nur, Haryanto, Jamaluddin, Ismail, Hasbi Hairil, Sinta Pertiwi, Desi, Nurfani yang turun di kategorijunior usia 15-17 tahun.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024