Makassar (ANTARA Sulsel) - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Wagub Sulsel) Agus Arfin Nu`mang mengatakan, peringatan Hari Ibu mengingatkan kita semua akan perjuangan kaum perempuan Indonesia yang telah menempuh proses yang sangat panjang untuk mewujudkan kemerdekaan.

"Perjuangan kaum perempuan telah menjadi bagian dari sejarah terbentuknya negara Indonesia ini," kata Agus pada acara pengukuhan Ketua Harian GESIT Provinsi Sulawesi Selatan yang dirangkaikan dengan Peringatan Hari Ibu di Makassar, Sabtu.

Semangat yang dilahirkan perjuangan kaum wanita Indonesia, kata dia, juga telah mengilhami semangat untuk mewujudkan persamaan peran dan kedudukan antara kaum perempuan dan kaum laki laki.

Hal ini, lanjutnya, juga mengingatkan kita pada perjuangan kaum perempuan untuk mendapatkan kesetaraan dan persamaan serta kedudukan yang sama antara kaum perempuan dengan kaum laki laki.

"Butuh perjuangan dalam memperoleh kesetaraan gender ini," imbuhnya.

Agus juga mengatakan berbagai permasalahan sosial yang cukup memperihatihkan kini melanda masyarakat dewasa ini.

Dia mengungkapkan bahwa masalah itu adalah maraknya berbagai bentuk kekerasan anak, kejahatan seksual, trafficking, pornografi, infeksi menular seksual dan HIV/AIDS, narkoba, kriminalitas dan lainnya.

"Kesemuanya ini disebabkan karena runtuhnya pondasi keluarga, disinilah peran ibu sangat penting dalam menguatkan keluarga," pungkasnya.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024