Makassar (ANTARA Sulsel) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Selatan Irjen Pol Muktiono aktif melakukan pemantauan keamanan pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2017 melalui Operasi Lilin 2016.

"Pak Kapolda `standby` terus dan setiap saat meminta informasi dari para jajaran. Pak Kapolda sudah memberikan arahan kepada semua jajaran agar perayaan Natal dan Tahun Baru di Sulsel harus aman," jelas Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani di Makassar, Minggu.

Dia mengatakan, Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono pada malam Natal bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan pemantauan langsung ke gereja-gereja dengan menumpangi dua mobil bus Brimob Polda Sulsel.

Hasil pemantauannya hingga tengah malam itu, dirinya merasa sangat puas dengan pengamanan yang dilakukan oleh anggotanya serta aman dan tertibnya perayaan Natal tersebut.

Pantauan itu tidak hanya dilakukan dari Polda Sulsel saja. Tapi Pemerintah Provinsi Sulsel dan Pemkot Makassar bersama Kodam VII Wirabuana juga tergabung dalam operasi Lilin 2016 itu juga melakukannya.

"Sejak semalam Bapak Kapolda bersama Pangdam, Pangkoop dan Forkopimda lainnya memantau malam Natal dan beliau senang melihat semuanya berjalan lancar dan aman," katanya.

Adapun gereja-gereja yang dipantau seperti, Gereja GPIB Immanuel, Gereja Katedral, Gereja Santo Yoseph Pekerja Gotong Gotong, Gereja Mangamaseang, Gereja Katholik Kare, Gereja Balla Tamalanrea.

Dicky Sondani menyebutkan, selain itu. Beberapa Pos Pengamanan (Pospam) yang dibuat Polda seperti, Pospam Trans Studio, Pospam Imperial Pantai Losari, Pospam M-Tos, dan Pospam MP.

"Jadi ini memang akan terus dilakukan semaksimal mungkin karena hari Natal diketahui ada beberapa golongan yang merayakannya ada yang sampai awal tahun depan," jelas Dicky.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024