Makassar (Antara Sulsel) - Tim Langsagaga asal Kabupaten Enrekang keluar sebagai juara sekaligus menjadi wakil regional Sulawesi menghadapi babak final Danone Nations Cup (DNC) di Jakarta pada Juli 2017.

Tim asal Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan itu berhak menjadi yang terbaik sekaligus mewakili regional Sulawesi usai mengalahkan tim Bangau Putra dengan skor 2-1 di babak final DNC Regional Sulawesi di Stadion Gelora Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, Sulsel, Ahad.

Pelatih Kepala Langsagaga, Abdul Rahman mengaku tidak menyangka tim yang diarsitekinya itu mampu keluar sebagai juara karena baru dibentuk sepekan sebelum gelaran babak penyisihan wilayah.

"Alhamdulillah, Kami bisa menjuarai DNC 2017 ini dan melaju ke Jakarta. Kami dari Langsagaga sebenarnya sudah dua kali ikut DNC regional Sulawesi pada 2013 dan 2016 namun baru tahun ini sukses tampil sebagai juara,"ujarnya.

Mengenai keberhasilan timnya tampil sebagai yang terbaik di wilayah Sulawesi, dirinya mengaku tidak lepas dari sikap disiplin tinggi yang diperlihatkan para pemainnya sepanjang penyisihan hingga babak final.

Dirinya juga bersyukur karena segala yang diinstruksikan ternyata mampu dijalankan secara maksimal oleh setiap pemain. Selain itu, ada motivasi kepada anak-anak itu, yakni impian bisa melenggang ke panggung dunia.

"Gelaran DNC ini memang menjadi harapan besar anak-anak untuk meraih mimpinya tampil di luar negeri. Saya kira ini juga yang menjadi motivasi terbesar mereka untuk meraih gelar juara ini,"ujarnya.

Setelah juara, ia mengaku akan memperbanyak porsi latihan pemain. Jika sebelumnya hanya tiga kali sepekan, maka sekarang bisa lebih dari itu. Ini dilakukan menyambut pertandingan lebih berat ketika putaran nasional dimulai Juli nanti.

"Soal persaingan di final Jakarta, saya percaya kita akan menghadapi lawan yang jauh lebih berat. Namun kami akan berusaha memberikan yang terbaik supaya bisa berangkat ke Amerika," jelasnya.

Penanggung Jawab DNC se-Indonesia, M Anugerah Edy, mengatakan ada perbedaan antara DNC regional tahun ini dan sebelumnya.

Jika tahun lalu wakil Sulawesi ada dua, yakni Mitra Manakarra dan Putra Bontoa A, maka kuota tahun ini hanya satu. Hal itu merupakan imbas dari keberadaan regional Sulawesi Utara sehingga jatahnya mengalami satu tim.

"Langsagaga berhak mewakili pulau Sulawesi pada putaran nasional DNC di Jakarta bulan Juli 2017 mendatang, itu artinya mereka berpeluang wakili Indonesia di ajang DNC sedunia yang akan digelar di Amerika Serikat, Oktober 2017," sebutnya.

Juara I : Langsagaga
Juara II : Bangau Putrta
Juara III : Mandiri Utama
Juara IV : Watampone
Tim Fair Play : Mitra Manakarra

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024