Makassar (Antara Sulsel) - Tiga atlet renang indah Sulawesi Selatan mendapatkan penggilan mengikuti seleksi nasional proyeksi SEA Games yang dipusatkan di Jakarta, 23-24 Januari 2017.

Pelatih Renang Indah Sulsel, Selvy Melowa di Makassar, Minggu mengatakan ketiga atlet yang diharapkan bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya itu masing-masing Iin Ramadhania, Nurfa Nurul Utami, serta Nabila Putri Giswatama.

"Ketiganya sudah berada di Jakarta dan siap bersaing membuktikan kemampuannya pada seleknas besok. Kami berharap seluruh atlet mampu menjaga motivasinya dalam seleksi nanti," katanya.

Mengenai peluang atlet Sulsel lolos dan bergabung bersama timnya di SEA Games 2017, dirinya mengaku cukup terbuka. Apalagi perkembangan kemampuan atletnya juga terus mengalami peningkatan yang membahagiakan selama berlatih di Makassar.

Ia menjelaskan, ketiga atlet memang merupakan atlet baru yakni baru bergabung sebelum tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat, September 2016.

Namun demikian, hal itu ternyata tidak menjadi alasan untuk menghalangi potensinya. Bahkan hal itu langsung dibuktikan setelah mampu meraih medali perunggu di ajang olahraga terbesar se-Indonesia tersebut.

"Kami meminta seluruh atlet terus menjaga motivasinya agar bisa menampilkan kemampuan terbaiknya dalam seleksi nanti. Apalagi ketiganya memang punya potensi besar untuk memberikan prestasi," ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Umum PRSI Sulsel, Hartawan Muin mengaku berbangga setelah satu dari dua atlet polo air Sulawesi Selatan yang mengikuti seleksi nasional dinyatakan lolos dan berhak bergabung dalam tim utama proyeksi SEA Games 2017 di Malaysia.

"Kita sudah mendapatkan kabar kelolosnya Muh Fadhil Thamrin. Atlet kita bergabung bersama 17 atlet lain yang akan terus ditingkatkan kemampuannya demi menjaga persaingan merebut medali SEA Games," katanya.

Mengenai terpilihnya salah satu atletnya ke timnas Polo Air, dirinya mengaku ikut berbangga dan bersyukur. Keberhasilan ini juga sebagai bukti jika Sulsel masih memiliki atlet potensial yang layak dimaksimalkan demi mengharumkan nama daerah dan negara kedepan.

Apalagi seleksi tersebut juga dipastikan bebas intervensi pengurus. Artinya 18 atlet yang terpilih memang karena memiliki kualitas dan potensi sehingga dianggap layak bergabung dan memperkuat timnas di ajang olahraga se-Asia Tenggara tersebut.

Selanjutnya, kata dia, 18 atlet yang telah terpilih dalam tim polo air putra nasional itu akan mulai menjalani pemusatan pelatihan nasional di Kolam Renang Simprug, Jakarta, Februari 2017.

Setelah terpilih, Muh Fadhil Thamrin bersama tlet yang lainnya akan dikumpulkan untuk mengikuti kegiatan pemusatan latihan nasional (pelatnas) pada Februari 2017," katanya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024