Makassar (Antara Sulsel) - Pulau Barrang Caddi yang baru dimekarkan dan ditetapkan menjadi kelurahan baru dari Kecamatan Sangkarang, Makassar, Sulawesi Selatan, sangat butuh perhatian dari pemerintah kota setempat.

Camat Kepulauan Sangkarang, Firnandar Sabara di Makassar, Senin, mengatakan, satu dari tiga pulau atau kelurahan yang berada di bawah naungannya, yakni Pulau Barrang Caddi punya beberapa prioritas pembangunan.

"Ada tiga kelurahan pulau yang baru terbentuk dan salah satunya itu Kelurahan Pulau Barrang Caddi yang butuh beberapa pembangunan prioritas," ujarnya.

Pada musyawarah perencanaan pembangunan (murembang) Kelurahan Barrang Caddi yang dibukanya itu terungkap beberapa prioritas pembangunan.

Dua diantaranya yang masuk perencanaan, yakni perbaikan dermaga serta perbaikan dan penambahan tanggul pemecah ombak.

"Ada beberapa tapi dua yang menjadi prioritas dan sudah dimasukkan dalam perencanaan, yakni perbaikan dermaga dan perbaikan tanggul pemecah ombak," katanya.

Sebelumnya, Lurah Barrang Caddi, Syarid dalam sambutannya menyampaikan pihaknya akan mengawal program prioritas warga Kelurahan Barrang Caddi untuk kehidupan pembangunan yang lebih baik.

"Hal yang menjadi prioritas untuk kelurahan kami saat ini, yakni perbaikan dermaga dan juga pemecah ombak. Sementara untuk tanggul kita sudah punya," katanya.

Sementara itu, beberapa program andalan pemerintah kota yang akan diadopsi secepatnya, yakni Badan Usaha Lorong (BULo). Pada program ini akan mencakup perkoperasian, pertanian dan lainnya.

Seperti yang sering dijelaskan oleh Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, BULo adalah gerakan multi efek yang dapat dimaknai sebagai gerakan menekan laju inflasi, gerakan pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

Gerakan mempersempit gini rasio, gerakan peningkatan jumlah RTH (Ruang Terbuka Hijau), gerakan mencerdaskan anak Makassar dan gerakan bebas pengangguran.

"Hasil dari BULo akan dialokasikan untuk deposito pendidikan bagi anak lorong sehingga anak - anak kita bisa melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi, sisanya digunakan untuk menghidupi UMKM, dan mengembangkan BULo yang ada di setiap kecamatan," terangnya.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024