Makassar (Antara Sulsel)- Dua dari tiga atlet renang indah Sulawesi Selatan dinyatakan lolos ke babak 16 besar seleksi SEA Games tahap pertama yang dilaksanakan di Jakarta, 23-24 Januari 2017.
Pelatih renang indah Sulsel, Selvy Melowa di Makassar, Selasa, menyatakan dua atlet yang tetap menjaga peluangnya memperkuat timnas di SEA Games 2017 di Malaysia itu yakni Iin Ramadhania dan Nurfa Nurul Utami.
"Kami tentu bersyukur dua dari tiga atlet kita berhasil menarik perhatian juri sehingga lolos masuk 16 besar peringkat terbaik. Mudah-mudahan hasil ini semakin meningkatkan motivasinya sehingga bisa lebih baik di seleksi berikut," katanya.
Setelah dinyatakan lolos 16 besar, kata dia, kedua atlet tersebut selanjutnya masih akan bersaing untuk masuk 10 besar yang nantinya akan memperkuat tim Merah Putih di ajang olahraga multieven terbesar se-Asia Tenggara tersebut.
Keduanya akan kembali bersaing dengan sejumlah atlet yang juga dinyatakan lolos diantaraya dari provinsi Yogyakarta (lima atlet), DKI Jakarta (empat atlet), Jawa Timur (dua atlet), Kaltim (dua atlet) serta Jawa Barat dengan seorang atlet.
Seluruh atlet, lanjut dia, akan kembali dikumpulkan untuk menjalani latihan dan seleksi seleksi tahap kedua atau terakhir pada 1 Februari 2017.
16 atlet yang lolos tahap seleksi ini akan menjalani latihan selama dua minggu kedepan untuk menentukan siapakah 10 diantaranya mereka yang layak memperkuat timnas.
Adapun lokasi pelaksanaan latihan dan seleksi itu, dirinya mengaku belum mendapatkan kepastiannya. Namun kemungkinan akan kembali dilaksanakan di Jakarta atau justru dipindahkan ke Yogyakarta.
"Persaingan di seleksi masuk 10 besar atau tim utama SEA Games tentu akan jauh lebi berat. Kami juga akan kembali fokus meningkatkan kemampuan agar bisa tampil maksimal diseleksi terakhir nanti," jelasnya.
Sekretaris Umum PRSI Sulsel, Hartawan juga mengaku bangga dengan keberhasilan dua atlet melaju kebabak seleksi terakhir.
Pihaknya juga berharap kedua atlet tersu fokus meningkatkan kemampuan dan menjaga motivasinya agar bisa mengeluarkan kemampuan terbaikya pada seleksi penentuan tersebut.
"Informasi lolosnya dua atlet kita sudah kami terima. Tentu ini sebuah kebanggaan yang patut disyukuri dan kita harapkan terus bisa membuktikan kemampuannya," ujar dia.
Selain kedua atlet, Sulsel dalam seleksi pertama juga menurunkan Nabila Putri Giswatama. Namun berbeda dengan dua rekannya, Nabila justru harus pasrah tidak mendapatkan penilaian dan kesempatan memperkuat timnas Indonesia.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024