Makassar (Antara Sulsel) - Wakapolda Sulawesi Selatan Brigjen Pol Gatot Eddy Pramono menghadiri langsung rapat koordinasi (rakor) bersama unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten Takalar menjelang pemilihan langsung kepala daerah (pilkada) setempat.

"Di Sulsel tahun ini yang menggelar pilkada hanya satu kabupaten di Takalar saja, tapi meskipun hanya satu, aparat keamanan harus tetap siaga untuk memastikan jalannya pilkada itu aman dan terkendali," ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani di Makassar, Rabu.

Dia mengatakan, rakor bersama unsur forkopimda yang dihadiri Wakapolda Sulsel karena pihaknya tidak ingin dalam pelaksanaan pilkada itu bermasalah hingga menimbulkan situasi yang tidak kondusif.

Oleh karena itu, kata dia, kehadiran Wakapolda Sulsel pada rakor tersebut untuk memberikan motivasi dan penekanan kepada anggota polisi yang telah diterjunkan untuk pengamanan pilkada, baik pengamanan secara terbuka maupun tertutup.

"Kita akan berusaha secara maksimal untuk menjaga sitausi dan kondisi keamanan tetap kondusif agar pelaksanaan pilkada di daerah itu dapat berjalan aman dan lancar," katanya.

Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Gatot Eddy Pramono dalam pengarahannya mengharapkan aparat Bhabinkamtibmas dan Babinsa agar terus berkoordinasi dan segera melaporkan kejadian di wilayahnya sekecil apapun.

Sementara itu Kapolres Takalar AKBP Iskandar menambahkan situasi dan kondisi menjelang Pilkada Takalar saat ini dalam keadaan kondusif, dan diharapkan pelaksanaan pesta demokrasi itu dapar berjalan lancar tanpa ada halangan sedikitpun.

"Sejauh ini situasi Pilkada Takalar masih kondusif dan tidak ada gesekan yang memicu timbulnya konflik. Oleh karena itu kita berharap agar pelaksanaan pilkada berjalan baik sampai selesai seluruh tahapan," ujarnya.

Kapolres berharap seluruh personel Polri/PNS Polres Takalar dan BKO Brimob Polda Sulsel agar senantiasa tetap menjaga netralitasnya dalam perhelatan pilkada serentak pada 15 Februari 2017.

"Pilkada Takalar hanya diikuti dua pasangan calon yang tingkat kerawanannya sangat tinggi. Oleh karena itu diharapkan seluruh aparat menjaga kamtibmas, dan melaksanakan perpolisian masyarakat, melakukan penindakan hukum sesuai aturan yang berlaku, serta selalu menjadi pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat," pesannya.

Dia menyebutkan, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri saat ini meningkat mencapai 71,1 persen, sehingga diharapkan aparat kepolisian bisa semakin meningkat kinerjanya.

Pilkada Takalar yang akan digelar Rabu 15 Feburari 2017 diikuti dua pasangan calon bupati dan wakil bupati periode 2017-2022, yakni pasangan calon petahana, Burhanudin Baharuddin-Natsir Ibrahim, dan pasangan Syamsari Kitta-Achmad Dg Se`re.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024