Makassar (Antara Sulsel) - Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Mallaganni Kr Kio memberikan pembekalan wawasan pemerintahan kepada 52 orang kepala desa (Kades) baru yang dilantik beberapa pekan lalu.

"Wawasan tentang tata kelola pemerintahan itu sangat penting, apalagi bagi para kepala desa yang baru dilantik karena kepala desa atau lurah adalah perpanjangan tangan dari kepala daerah," ujar Kr Kio -- sapaan akrab Abd Rauf saat membuka kegiatan pembekalan itu di salah satu hotel di Makassar, Kamis.

Wakil Bupati Gowa dalam sambutannya mengatakan, kepala desa memiliki peran dan posisi yang strategis dalam pelaksanaan undang-undang desa karena kepala desa berkedudukan sebagai kepala pemerintah desa juga sebagai pemimpin masyarakat.

Abd Rauf menjelaskan, setiap kepala desa dalam menyelenggarakan pemerintahannya diharapkan mengikuti aturan yang ada, agar masyarakat yang dipimpin kehidupannya dapat lebih sejahtera dan tidak boleh memekarkan dusun.

"Diharapkan agar serius dalam mengikuti pembekalan desa karena kepala desa mengelola anggaran desa yang sangat besar jadi harus di gunakan untuk pembangunan di desa," katanya.

Dengan didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Gowa, Muhammad Asrul ia menjelaskan tujuan pembekalan untuk meningkatakan wawasan sumber daya aparatur pemerintah desa.

Karena dengan wawasan pemerintahan yang cukup akan menjadi bekal agar tercapainya tata kelola pemerintahan yang baik, serta meningkatkan profesionalisme aparatur pemerintahan desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Para kepala desa diharapkan memiliki kemampuan dalam memahami manajemen pemerintahan desa dan terampil dalam penyusunan perencanaan pembangunan desa, pengelolaan keuangan desa dan penyusunan produk hukum dan desa setelah mengikuti pembekalan ini," harap Asrul.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024