Mamuju (Antara Sulbar) - Harga eceran tabung gas elpiji 3 kilogram di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat mengalami kenaikan karena stok pedagang pengecer terbatas.

Pemantauan di Mamuju, Senin, pedagang pengecer tabung gas elpiji 3 kilogram di Mamuju menaikkan harga dagangannya dari Rp17 ribu per tabung menjadi Rp22 ribu per tabung.

Kondisi yang sudah berlansung sejak terakhir tersebut dikeluhkan pedagang, karena selama mengalami kenaikan tabung gas elpiji juga sulit didapatkan dipedagang pengecer.

Menurut Andri pengecer tabung gas elpiji, harga mengalami kenaikan karena stok pengecer juga berkurang karena pasokan tidak lancar dari pihak distributor.

"Harga tabung gas naik, karena stok dagangan pengecer juga berkurang, karena pasokan dari pengecer juga tidak lancar, kalau stok menipis seperti ini, harga akan naik, sesuai hukum ekonomi," katanya.

Ia mengatakan, kalau distributor kembali memperlancar pasokan gas elpiji, maka harga akan kembali normal.

Ansar salah seorang masyarakat mengaku mengeluhkan kelangkaan gas elpiji di Mamuju yang memicu naiknya harga.

Ia berharap pemerintah dapat membantu agar pasokan gas elpiji ke Mamuju dapat kembali lancar dari distributor di Pare-Pare Provinsi Sulawesi Selatan.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024