Makassar (Antara Sulsel) - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Irman Yasin Limpo meminta Wakil Bupati Soppeng Supriansyah untuk menyiapkan lahan perumahan guru.

"Kami sedang mencari kepala daerah yang bisa menyiapkan lahan secepatnya untuk pembangunan perumahan guru di daerah-daerah," kata Irman usai menemui Wakil Bupati Soppeng di Soppeng, Kamis.

Irman bertemu Supriansyah pada hari kedua "roadshow" peninjauan kondisi sekolah-sekolah SMA, termasuk di Kabupaten Soppeng.

Dalam pertemuan tersebut, Irman dan Supriansyah sepakat, Soppeng segera menyiapkan lahan perumahan untuk guru dan Disdik akan menyiapkan pembangunan perumahannya.

Pemprov Sulsel dalam hal ini Disdik dan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Pertanahan (PKP2) bekerja sama dengan Dirjen Penyediaan Perumahan, Perumnas, Bapertarum dan Perbankan akan membangun perumahan guru bersubsidi tanpa uang muka.

Untuk tahap awal di tahun 2017, perumahan yang dapat diakses guru swasta dengan gaji di atas Rp3 juta dan guru berstatus PNS ini, akan dibangun sebanyak 400 unit rumah di Kabupaten Gowa dan 400 rumah lainnya di Kabupaten Maros.

Ke depan, Disdik menargetkan pembangunan hingga lima ribu unit rumah bagi guru yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Sulsel, termasuk di Kabupaten Soppeng.

Saat ini, Disdik Sulsel sedang menyiapkan acara peletakan batu pertama pembangunan perumahan untuk guru pada pekan depan. Rencananya, Menteri Pendidikan RI akan hadir melakukan peletakan batu pertama di Kecamatan Pattalassang Gowa.

Adapun kunjungan Irman ke Soppeng merupakan rangkaian road show ke seluruh kabupaten di Sulsel untuk melihat langsung kondisi sekolah di daerah. Tujuannya untuk mendapatkan gambaran utuh mengenai sekolah-sekolah sehingga saat menyusun program pengembangan maupun penyaluran bantuan bisa tepat sasaran.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor :
Copyright © ANTARA 2024