Makassar (Antara Sulsel) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menargetkan kunjungan wisatawan ke daerah itu tahun 2017 sekitar 6,18 juta orang.

Kepala Disbudpar Sulsel Musaffar Syah pada Forum Komunikasi Kebudayaan dan Kepariwisataan se-Sulsel yang dirangkaikan kegiatan Sosialisasi Strategi Promosi Destinasi Pariwisata Daerah di Makassar, Senin mengatakan target kunjungan wisatawan tahun ini di antaranya sekitar enam juta orang wisatawan nusantara, dan 185 ribu orang dari mancanegara.

Untuk menyambut kunjungan wisawatn itu, kata dia, pihaknya telah menyiapkan beberapa even besar berskala internasional, terutama kegiatan rutin setiap tahun seperti kegiatan Lovely December, Festival Taka Bonerate, dan Festival Kuliner.

Pada kesempatan itu Musaffar mengungkapkan pihaknya mengundang seluruh pemerintah kabupaten/kota se-Sulsel sebagai pemilik objek destinasi wisata untuk memaparkan program prioritasnya.

"Dengan demikian, program-program pariwisata dari kabupaten dan kota di Sulsel bisa disusun secara bersama-sama," ujarnya.

Sementara Ketua Asita Provinsi Sulsel Didi L Manaba mengatakan untuk memajukan sektor pariwisata Sulsel dibutuhkan kerja sama semua pihak, terutama kegiatan promosi dapat dilakukan bersama-sama.

"Kami juga telah menyiapkan paket-paket wisata sepanjang tahun, yang akan kita jual di pusat-pusat pariwisata," kata Didi.

Sementara Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulsel Januar Jaury Darwis menambahkan pihaknya bertugas untuk meningkatkan citra pariwisata, jumlah kunjungan, jumlah belanja, dan membangun kerja sama dengan pihak industri pariwisata.

"Yang punya objek atau destinasi wisata adalah pemerintah kabupaten/kota, sedangkan Pemprov hanya mendorong agar itu berkelanjutan," kata Januar.

Menurut dia, kegiatan promosi pariwisata harus dilakukan pada sasaran yang tepat, dan BPPD juga memiliki tugas untuk memberikan kajian terkait market pariwisata, sehingga bisa memudahkan pemerintah daerah dalam melakukan promosi.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024