Makassar (Antara Sulsel) - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Wagub Sulsel) Agus Arifin Nu`mang mengapresiasi tinggi dan berterima kasih kepada Pemerintah Federal Jerman yang membuka Konsulat Kehormatan di Makassar.

"Dengan ditempatkannya Konsulat Kehormatan Jerman ini, kami berharap agar kerja sama Jerman dengan Indonesia khususnya Sulawesi Selatan lebih ditingkatkan," kata Wagub saat bertemu Konsulat Kehormatan Republik Federal Jerman Oswald Sirapandji, di Makassar, Senin malam.

Dia juga mempromosikan Sulawesi Selatan adalah Provinsi yang layak menjadi mitra kerja Jerman dan negara-negara lain mengingat provinsi itu sudah tiga kali mendapat penghargaan dari ombudsman sebagai provinsi pelayanan dan investasi terbaik di Indonesia.

Selain itu, Mantan Ketua DPRD Sulawesi Selatan ini, berharap agar kerja sama ekspor hasil pertanian ditingkatkan.

Menurutnya hal tersebut sangat memungkinkan karena banyak kapal cargo dari Jerman yang masuk di pelabuhan Soekarno Hatta Makassar.

Dengan demikian menurut Agus, peluang ekspor hasil pertanian ke Jerman sangat terbuka.

"Nantinya Jerman juga dapat menjadi salah satu negara tujuan utama ekspor produksi pertanian dari Sulawesi Selatan," ucapnya.

Agus juga mengungkapkan bahwa banyak alumni dari Jerman yang berkiprah di Sulawesi Selatan. Sebahagian besar menerapkan ilmunya di berbagai perguruan tinggi.

Pembukaan Konsulat Kehormatan Jerman di Makassar ini, merupakan yang keempat di Indonesia setelah sebelumnya dibuka di DKI, Surabaya dan Palu.

Pewarta : Nurhaya J. Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024