Kupang (Antara Sulsel) - Manajemen PT Indonesia Ferry (Persero) Cabang Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menyiapkan delapan unit armada kapal angkutan laut yang akan digunakan untuk mengangkut penumpang mudik Lebaran 1437 Hijriah.

"Ke-delapan armada angkutan laut itu antara lain KMP Ile Ape, Rokatenda, Pulau Sabu, Ile Mandiri, Balibo, Inei Rei II, Ile Labalekan," kata General Manager PT Fery Indonesia (Persero) Cabang Kupang, Arnold Yansen di Kupang, Selasa.

Ia mengatakan hal itu terkait kesiapan fasilitas angkutan laut dan penyeberangan yang akan digunakan untuk mengangkut penumpang yang mudik Lebaran 1437 Hijriah.

Menurut dia, ke-delapan kapal yang telah siap mengangkut penumpang laut yang mudik Lebaran itu telah dilengkapi fasilitas keselamatan dan peralatan penunjang lainnya termasuk navigator dan anak buah kapal yang telah memenuhi standar yang ditetapkan pihak Kementerian Perhubungan.

Selain itu, fasilitas pelabuhan berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan dan instansi terkait lainnya, sudah dinyatakan siap menyambut Lebaran 2017.

Ia mengatakan pengalaman mudik lebaran tahun-tahun sebelumnya, peningkatan jumlah penumpang umumnya terjadi pada H-5-H-2 dan H+2 hingga H+4, sehingga pihak PT Fery Indonesia Cabang Kupang, sudah mengantisipasi keadaan itu.  

"Salah satu bentuk antisiapsi yang setiap tahun dilakukan ketika ada lonjakan penumpang mudik adalah menambah trip atau angkutan ekstra untuk lintasan yang padat penumpang, seperti ke wilayah Selatan dan Barat Nusa Tenggara Timur," katanya.

Semua ini katanya guna mewujudkan visi Perusahaan "Menjadi perusahaan jasa pelabuhan dan penyeberangan yang terbaik dan terbesar di tingkat regional, serta mampu memberikan nilai tambah bagi stakeholders.

Sebab misinya adalah menyediakan prasarana pelabuhan dan sarana kapal penyeberangan yang tangguh sebagai pendukung dalam sistem logistik nasional.

Dan memiliki standar pelayanan internasional yang didukung oleh tenaga profesional dan manajemen bisnis modern serta tata kelola perusahaan yang baik.

Yang menguasai pangsa pasar nasional dan memperluas jaringan operasional sampai ke tingkat regional untuk memaksimalkan pertumbuhan dan keuntungan.

Serta memaksimalkan peran korporasi dan infrastruktur negara serta agen pembangunan.

Visi dan Misi itu didukung dengan nilai perusahaan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) menjalankan pelayanannya berdasarkan nilai-nilai inti perusahaan yang menjadi bangunan budaya perusahaan, yaitu peduli, handal dan terpercaya.

Peduli artinya memahami dan tanggap terhadap kebutuhan stakeholder dan lingkungan, termasuk mengantisipasi dinamika bisnis, berperilaku gesit, ramah, sopan serta lugas dalam pelayanan

Sementara handal, Kesuksesan jangka panjang lebih penting daripada keuntungan jangka pendek, selalu berusaha mencapai keunggulan dalam berbagai aspek kinerja perusahaan dengan menempatkan kepuasan pelanggan sebagai prioritas utama.

Serta tepercaya, komitmen penuh terhadap pengelolaan perusahaan yang mencerminkan konsitensi antara prinsip dan perilaku dalam melayani.

Pewarta : Hironimus Bifel
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024