Makassar (Antara Sulsel) - Instruktur Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan VI (Yonmarhanlan) memberikan pendidikan kepada 51 orang anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Kepulauan Selayar di Markas Komando Lantamal.

"Hari ini kita akan mulai pembukaan latihan dasar (Latsar) di mana semua anggota Satpol PP Selayar dilatih khusus oleh para instruktur berpengalaman," ujar Komandan Yonmarhanlan VI Mayor Marinir Danang Ary Setiawan di Makassar, Rabu.

Adapun 51 anggota Satpol PP Selayar itu dibagi dalam dua peleton dengan mendapat gemblengan langsung dari instruktur-instruktur berpengalaman yang jumlahnya sebanyak satu peleton.

"Jadi semuanya ada tiga peleton. Dua peleton anggota Satpol PP dan satu peleton instrukturnya. Semua instruktur dan pelatih ini berpengalaman dan terampil," katanya.

Mayor Danang mengatakan, Satuan Polisi Pamong Praja adalah salah satu unsur pengamanan yang mempunyai tugas pokok sebagai penyelenggara ketentraman dan ketertiban serta penegak peraturan daerah di tempat tugasnya.

Dengan tugas pokoknya tersebut, Satpol PP mempunyai peran yang sangat penting dalam menunjang terlaksananya pengamanan dan kenyamanan bagi masyarakat pada umumnya dan tempat kedinasan pada khususnya.

Kepelatihan sendiri diadakan mulai dari tanggal 15-29 Maret 2017 dengan materi pendidikan Latihan Kesamaptaan Jasmani, Peran Serta dan Fungsi Satuan Polisi Pamong Praja.

"Ini tentu ada maksud dan tujuan yang akan dicapai dan diharapkan hasilnya dapat diterapkan dan dikembangkan dalam pelaksanaan tugas setelah selesainya mengikuti latihan," sebutnya.

Ia menyebutkan, pelatihan dimaksudkan untuk membentuk karakter sikap serta kinerja Satpol PP sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan kerja sama yang solid dan handal.

Hadir pula Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Selayar Muh Yunan Krg Tompobulu beserta staf Satpol PP Kabupaten selayar lainnya.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024