Gorontalo (Antara Sulsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, membangun trotoar difabel bagi penyandang tuna netra di areal perkantoran Limboto.

Sumanti Maku, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Gorontalo, Kamis mengatakan, prioritas pembuatan trotoar difabel yaitu, trotoar yang menuju ke tempat jasa layanan publik, seperti tempat pengurusan perizinan, pengurusan kartu keluarga, kantor Bupati, pengadilan, rumah sakit dan tempat jasa layanan lainnya.

"Pembangunan itu harus bisa memberi jaminan akses kepada semua lapisan masyarakat, dalam arti untuk warga yang memiliki kesempurnaan fisik maupun yang berkebutuhan khusus harus mendapat jasa dan layanan publik dari pemerintah, secara adil dan merata," ia menjelaskan.

Sumanti mengungkapkan, saat ini pihaknya telah membangun trotoar difabel bagi penyandang tuna netra sepanjang 5 kilometer.

Pembangun itu dilakukan karena kondisi trotoar di Kabupaten Gorontalo belum ramah kepada yang berkebutuhan khusus.

Oleh karena itu Dinas Perhubungan dan tim penggerak PKK Kabupaten Gorontalo mendesain program untuk penataan trotoar yang ramah bagi penyandang disabilitas.

"Secara bertahap, bertingkat dan berlanjut, kami akan merampungkan trotoar di Kabupaten Gorontalo agar penyandang disabilitas dapat menggunakan fasilitas tersebut ke tempat-tempat jasa layanan publik," Sumanti mengungkapkan.

Setelah pembuatan trotoar difabel bagi penyandang tuna netra, Dishub Kabupaten Gorontalo akan membangun jalur khusus bagi pengguna kursi roda agar dapat menggunakan sarana trotoar.   

Pewarta : Adiwinata Solihin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024