Makassar (Antara Sulsel)- Prodi Magister Manajemen Universitas Hasanuddin memenuhi syarat akreditasi "The Alliance on Bussiness Education and Scholarship for Tomorrow (ABEST)" 21st Century Organization sekaligus menjadi kampus ke-11 dengan predikat tertinggi di Indonesia.

Humas Unhas, Dahlan Abu Bakar di Makassar, Senin, menyatakan ABEST 21 termasuk organisasi baru yang berdiri pada 2005 di Jepang.

"Aliansi ini memiliki misi meningkatkan manajemen pendidikan dari sekolah bisnis dengan cara mendorong kerjasama antar-anggotanya dalam upaya bersama menghadapi tantangan di abad XXI,"katanya.

ABEST21 telah mengakreditasi sejumlah sekolah bisnis top Asia seperti SP Jain School of Global Management dari Singapura, Waseda Business School dari Waseda University Jepang, dan Graduate School of Management dari Kyoto University Jepang.

Sekolah bisnis dari Indonesia yang telah mendapatkan akreditasi. Di indonesia sendiri sudah beberapa universitas yang mendapatkan akreditasi ABEST 21.

Universitas tersebut bukan universitas sembarangan, melainkan universitas yang mendapat ABEST21 adalah universitas yang memunyai kualitas tinggi.

Adapun daftar 10 universitas yang mendapat akreditasi ABEST21 antara lain Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Lampung (Unila), Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB, Prodi MM FEB Universitas Telkom, MM FEB Unpad, MM FEB Unair, Undip, Universitas Brawijaya (UB), Unsrat Manado, UI, dan Universitas Kristen Satya Wacana.

Dengan terpenuhinya syarat bagi MM Unhas, maka Unhas merupakan perguruan tinggi ke-11 di Indonesia yang menyandang gelar sebagai prodi terakreditrasi ABEST 21.

Sebelumnya, Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA menyatakan saat ini ada tiga prodi S1 dan satu program magister Universitas Hasanuddin yang telah terkreditasi internasional.

Adapun program studi pertama yang dinyatakan lolos adalah Teknik Sipil, kemudian Pendidikan Dokter, dan informasi terakhir yang diterima Unhas 8 Maret 2017 adalah Program Studi Kesehatan Masyarakat yang juga dinyatakan lolos akreditasi AUN QA).

"Dengan demikian saat ini ada 3 prodi S1 di Unhas telah memenuhi kriteria akreditasi AUN QA dan 1 Program Magister yaitu Magister Manajemen (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) juga dinyatakan telah memenuhi kriteria akreditasi internasional ABEST 21," katanya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024