Sungguminasa (Antara Sulsel) - Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan atas harga konstan saat ini telah mencapai Rp13,37 triliun atau mengalami peningkatan dari 2015 hanya Rp12 triliun.

"Pembangunan ekonomi Kabupaten Gowa dari tahun ke tahun semakin membaik, dan itu bisa kita lihat pada PDRB Gowa atas dasar harga yang berlaku," ujar Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, di Sungguminasa, Selasa.

Bupati Adnan mengungkapkan, nilai yang diperoleh sebesar Rp7,13 triliun pada tahun 2010 meningkat tajam pada 2015 yang telah mencapai Rp13,37 triliun.

Namun ketika dilihat dari kontribusi pada PDRB Sulawesi Selatan angka tersebut hanya mampu menyumbang sebesar 4,05 persen terhadap PDRB Sulsel yang jumlahnya sudah mencapai Rp339,02 triliun.

"Kontribusi PDRB Gowa untuk PDRB Sulsel selama beberapa tahun terakhir ini hanya mampu menyumbang sekitar 4 persen lebih, tetapi kami akan terus bangkit," katanya lagi.

Ia menjelaskan, salah satu indikator penting yang digunakan dalam mengamati hasil-hasil pembangunan ekonomi adalah pertumbuhan ekonomi itu sendiri. Indikator ini juga digunakan untuk mengukur tingkat pertumbuhan output dalam satu perekonomian.

Pertumbuhan ekonomi ini dapat dilihat dari besar nilai PDRB yang berhasil diciptakan pada tahun tertentu dibandingkan dengan nilai PDRB tahun sebelumnya. Nilai PDRB yang dibandingkan adalah nilai atas dasar harga konstan.

Kontribusi PDRB Gowa berdasarkan struktur ekonomi daerah sebagian besar berada pada lapangan usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan. Kontribusi lapangan usaha dari ketiga sektor itu sebesar 31,66 persen pada tahun 2015.

"Sektor pertanian masih menjadi kontributor terbesar 31,66 persen, disusul perdagangan 11,20 persen dan kontruksi sebesar 10,24 persen," ujar mantan anggota DPRD Provinsi Sulsel itu pula.

Bupati menyatakan dengan peningkatan PDRB Gowa itu, juga telah mempengaruhi kualitas indeks pembangunan manusia (IPM), meskipun peningkatannya tidak terlalu signifikan.

Namun dirinya optimistis, pada masa pemerintahannya sebagai bupati masih cukup banyak program-program prorakyat lainnya yang harus direalisasikan untuk membawa masyarakat Kabupaten Gowa menjadi lebih sejahtera dan sejajar dengan Kota Makassar.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024