Sungguminasa (Antara Sulsel) - Sebanyak 44 orang warga Dusun Timbuseng, Desa Sakkolia, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan dilarikan ke RSUD Syekh Yusuf Gowa, Selasa (28/3) malam, karena mengalami keracunan makanan.

Warga Dusun Timbuseng yang terus berdatangan terus bertambah dan data sementara yang diterima yakni sebanyak 44 orang usai menyantap makanan hajatan.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, umumnya warga yang mengalami keracunan makanan ini adalah warga setempat karena Andarias Dg Ganyu (36) sedang melakukan hajatan yakni aqiqah.

"Jadi awalnya itu tidak langsung terkena gejalanya, nanti setelah beberapa jam baru terasa dan satu persatu warga dilarikan ke Puskesmas dan rumah sakit," ujarnya.

Adapun gejala yang mulai dirasakan oleh para warga sejak petang itu yakni muntah, mual dan terus-terusan buang air besar (BAB) hingga lemas.

Semua warga yang sudah dilarikan ke rumah sakit kemudian ditangani oleh tim medis sebelum gejala lainnya timbul akibat dari keracunan makanan tersebut.

"Mereka semua sudah ditangani dengan baik oleh petugas medis dan sampai saat ini anggota di sana masih melakukan pendataan dan pihak rumah sakit juga tetap siaga," katanya.

Adapun tindak lanjut yang dilakukan oleh anggotanya di Polres Gowa yakni dengan mendatangi rumah pemilik hajatan, Andarias dan mengambil sampel makanan.

Selanjutnya, polisi juga mendatangi rumah sakit untuk mendata semua korban keracunan dan berkoordinasi dengan tim Laboratorium Forensik (Labfor) untuk melakukan pengjian secara laboratoris.

"Pemilik hajatan sudah dimintai keterangannya dan semua jenis makanan sudah diambil sampelnya untuk selanjutnya diuji di Labfor," katanya.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024