Manado (Antara Sulsel) - Ribuan warga memanfaatkan bursa kerja yang digelar Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) untuk mendapatkan pekerjaan.

"Selama Disnakertrans Sulut melakukan bursa kerja di pusat perbelanjaan Manado pada pekan lalu, ada 3.957 pencari kerja yang datang membawa lamaran pekerjaannya," kata Kepala Disnakertrans Provinsi Sulut Erny Tumundo di Manado, Rabu.

Menurut Erny, hal itu menandakan bahwa ada ribuan lulusan sekolah di Sulut yang membutuhkan pekerjaan.

"Karena itu awal tahun ini, kami menggelar bursa kerja dengan melibatkan puluhan perusahaan, agar bisa mempekerjakan lulusan sekolah menengah atas hingga sarjana," jelasnya.

Menurut dia, bursa kerja yang digelar Disnakertrans Provinsi Sulut selama dua hari pada pertengahan Maret 2017 terbilang sukses.

Pasalnya kegiatan yang dihelat di Manado Town Square (Mantos) diikuti 3.957 pencari kerja.

Dia mengatakan hasil rekapitulasi hari pertama pencari kerja yang mendaftar sebanyak 1.893 dan hari kedua sebanyak 2.064 sehingga total yang mendaftar 3.957 pencari kerja.

"Animo pencari kerja sebenarnya masih membludak tetapi kami harus tutup," jelasnya.

Ia berharap semakin banyak warga yang dapat ditampung dan mendapatkan pekerjaan melalui bursa kerja.

Rina lulusan sarjana asal Minahasa menyatakan senang dengan adanya kegiatan bursa kerja tersebut sehingga pihaknya dirinya hanya menyediakan berkas dan membawa lamaran di satu lokasi.

"Saya berharap kegiatan ini akan dilakukan beberapa kali dalam satu tahun sehingga kami bisa mendapatkan pekerjaan," katanya.        

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024