Makassar (Antara Sulsel) - Universitas Muslim Indonesia Makassar, Sulawesi Selatan, bersama sejumlah universitas di Taiwan menggagas peluang kerja sama di bidang pertukaran tenaga dosen sebagai bagian dari implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi.

"Implementasi kerja sama dalam bidang Tri Darma Perguruan Tinggi akan lebih banyak ditekankan pada pertukaran dosen dan mahasiswa serta kegiatan penelitian bersama dengan sejumlah universitas di Taiwan," kata Rektor UMI Prof Dr Masrurah Mokhtar dalam rilis di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin.

Rektor UMI yang didampingi WR5 Bidang Kerja Sama Prof Dr Ma`ruf Hafidz, Kepala KUI Dr Setyawati Yani, dan Kepala Humas Dr Nurjannah Abna, melakukan kunjungan ke Kementrian Urusan Pendidikan Luar Negeri Taiwan di Taipei, Senin (17/4).

Kunjungan tersebut untuk membahas MoU dengan sejumlah kampus di Taiwan itu difasilitasi oleh Ikatan Alumni Citra Taiwan.

Kunjungan ini juga sebagai respon dari undangan beberapa perguruan tinggi di Taiwan sebagai tindak lanjut kerja sama yang telah dilaksanakan salah satu universitas di Taiwan yang konsen di bidang kesehatan bertempat di Semarang, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

Selain dari UMI, kunjungan ini juga diikuti beberapa institusi pendidikan tinggi dari seluruh Indonesia. Untuk acara menutup, seluruh delegasi dijamu dalam makan siang dengan menu khas Taiwan dalam suasana penuh persahabatan dan kekeluargaan oleh Menteri Dr Hsin Hsing Wu.

"Saya begitu mengapresiasi dan berterima kasih atas undangan untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi di dua negara yaitu Indonesia dan Taiwan" jelasnya.

Sementara pada saat kunjungan ini Deputi Menteri Pendidikan Taiwan Chiu-Chin Tien dalam sambutannya mengatakan bahwa pemerintah Taiwan membuka kesempatan yang luas dalam kerja sama pendidikan tinggi.

Kementerian Taiwan, menurut dia, juga menyambut baik usulan Rektor UMI dalam bidang pertukaran dosen antara Universitas Taiwan dan UMI.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024