Sinjai (Antara Sulsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah  dan Tenaga Kerja  menggelar pelatihan pengembangan kewirausahaan bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di kabupaten setempat.

"Pelaku UMKM memiliki peran yang strategis dalam perekonomian daerah maupun nasional, hal ini  terlihat dari kontribusinya terhadap penciptaan, pendapatan, penyediaan kesempatan kerja, produk domestik bruto (PDB) maupun sumbangan terhadap ekspor non migas," kata Asisten II Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab)  Sinjai Hj Nikmat Baddare Situru saat membuka pelatihan  di Sinjai, Selasa.

Asisten II menambahkan kontribusi UMKM menyajikan informasi yang menjadi sumber mata pencaharian dan lapangan usaha bagi sebagian besar masyarakat.

"Pemkab Sinjai memberikan dukungan  pembinaan kepada UMKM berupa pelatihan kewirausahaan dan sertifikat gratis bagi pelaku usaha mikro kecil, bimbingan, konsultasi dan pendampingan, pembentukan kelompok wirausaha baru, serta memfasilitasi koperasi dan UMKM mengakses sumber-sumber pembiayaan dari BUMN dan perbankan," ujarnya.

Menurut Nikmat, pemerintah daerah berharap agar pelaksanaan pelatihan pengembangan kewirausaan ini dapat memberikan maanfaat terhadap kemajuan UMKM di Kabupaten Sinjai.

Kegiatan tersebut juga dihadiri  Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Sinjai H Ramlan Hamid serta narasumber pelatihan pengembangan kewirausahaan.

Pewarta :
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024