Makassar (Antara Sulsel) - Toraja Destination Management Organization (DMO) didukung oleh Swisscontact WISATA dan bekerja sama dengan Pemerintah Tana Toraja, Toraja Utara, dan pemangku kepentingan setempat akan mengadakan Toraja Familiarization (FAM) Trip 2017.

"Toraja FAM ini dilaksanakan bagi para operator tur dan media pada 25-29 April 2017 mendatang, dan bertujuan untuk memperkenalkan potensi pariwisata Toraja kepada pasar yang lebih luas lagi," kata Komisi Pemasaran Toraja DMO Yohan Tangke Salu yang ditemui di Makassar, Jumat.

Para peserta kegiatan ini, kata dia, berasal dari dalam negeri maupun luar negeri antara lain Inggris, Cina, dan Singapura, termasuk dua saluran televisi nasional.

Trip ini, kata dia, diadakan untuk memberikan gambaran yang utuh mengenai potensi pariwisata Toraja kepada para tur operator dan media.

"FAM trip ini diharapkan mampu menjembatani keterbatasan informasi maupun akses yang selama ini ada," ucapnya.

Dengan demikian, lanjutnya, akan hadir lebih banyak tinjauan positif serta paket tur yang ditawarkan ke Toraja.

Pemerintah Toraja Utara dan Tana Toraja bekerja sama erat dalam pelaksanaan FAM trip ini. Terbukti dari akan diadakannya jamuan makan siang dan makan malam oleh Bupati Toraja Utara dan Bupati Tana Toraja bersama para peserta.

Dukungan serupa juga datang dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan, seperti yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Sulsel Yulianus Batara Saleh.

"Kami membantu mempromosikan kegiatan FAM Trip ini dengan menghadirkan berbagai media cetak serta TV," ucapnya.

Berbagai objek wisata andalan akan masuk dalam jadwal kunjungan FAM Trip selama seminggu ini antara lain Tampang Allo, Kambira, Buntu Burake, Kalimbuang Bori`, Palawa`, Sa` dan To Barana, Batutumonga, Sesean Suloara, Ke`te Kesu`, Karassik Hills, Coffee Tour Sulotco, hingga destinasi yang cukup populer seperti Lolai.

Kegiatan ini dilakukan bekerjasama juga dengan ASITA, HPI dan PHRI.

"FAM trip ini diharapkan mampu menunjukkan kesiapan para pemangku kepentingan dan juga pelaku pariwisata lokal dalam menyambut para wisatawan Toraja," pungkasnya.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024