Bulukumba (Antara Sulsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) melaksanakan pelayanan dasar lintas Organisasi Perangkat Daerah dengan tema "Semalam Di Desa" di Desa Kahayya, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Jumat malam.

Kasubag Pemberitaan dan Kerjasama Pers Pemkab Bulukumba, Andi Ayatullah Ahmad di Bulukumba, Sabtu, mengatakan pada kegiatan tersebut Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali dan Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto, serta 13 OPD hadir dan menginap di rumah warga, untuk melayani esok harinya.

Bupati dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan wujud pemerintah daerah yang ingin membangun Bulukumba, meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat desa pada khususnya.

"Kegiatan ini untuk lebih menunjukkan kepada seluruh masyarakat bulukumba, bahwa kedudukan pemerintah daerah selain menjadi pembuat kebijakan, juga sebagai pelayan dan pemberdayaan masyarakat," ujar Sukri.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Bulukumba HA Kurniady mengatakan tujuan utama kegiatan tersebut untuk pendekatan pelayanan pada masyarakat desa.

"Tujuan utamanya adalah pendekatan pelayanan masyarakat desa, khususnya untuk desa terpencil, dengan kemasan Bulukumba Melayani 'Semalam Di Desa' kami akan langsung menyentuh kebutuhan pelayanan-pelayanan dasar seperti administrasi pendudukan, UMKM, Kesehatan, Perijinan dan Permodalan, Kepariwisataan dan lain sebagainya,"  tutur Kurniady.

Mnurut Kurdiady,  Pemkab setempat akan melakukan kegiatan Bulukumba Melayani 'Semalam Di Desa' sekali sebulan pada 70 Desa Terpencil, Terluar dan Desa yang paling membutuhkan kegiatan ini.

Kepala Desa Kahayya, Abdul Rahman menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemkab atas kegiatan 'Semalam Di Desa' yang dilaksanakan di Desa Kahayya

"Mewakili seluruh masyarakat desa Kahayya, saya sebagai kepala desa  mengucapkan banyak terima kasih atas kegiatan ini, sehingga apa yang menjadi halangan masyarakat desa terpencil bisa langsung tersentuh oleh pelayanan Pemkab, kegiatan ini sangat membantu sekali," pungkasnya.

Abdul Rahman juga menyampaikan harapannya agar masalah-masalah pedesaaan seperti insfrastruktur jalanan desa, pelayanan kesehatan dan pariwisata bisa menjadi lebih baik, mengingat Desa Kahayya punya potensi pariwisata yang menjanjikan.

Pewarta : Syamsurya Pratama
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024