Bantaeng (Antara Sulsel) - Wakil Bupati (Wabup) Bantaeng H Muhammad Yasin mengatakan pemerintah daerah (Pemda) harus mengatasi berbagai hambatan dalam pelaksanan Otonomi Daerah (Otoda) .

"Setiap Pemda harus senantiasa berupaya untuk meningkatkan kinerja yang telah dicapai, seraya mengatasi berbagai hambatan dalam pelaksanaan Otoda," kata Yasin membacakan sambutan seragam Menteri Dalam Negeri  Tjahjo Kumolo  saat bertindak  selaku Inspektur Upacara peringatan Hari Otoda ke-21 se-Kabupaten Bantaeng di Pantai Seruni, Selasa.

Peringatan Hari Otoda ke-21 mengusung tema "Dengan Semangat Otonomi Daerah, Kita Tingkatkan Kinerja Pelayanan Publik Melalui E-Government" yang memiliki empat makna pokok, pertama pelaksanaan Otoda harus mampu meningkatkan kinerja pelayanan publik sesuai dengan kepentingan masyarakat.

Kedua, upaya peningkatan kinerja pelayanan publik, harus dikelola berbasis teknologi informasi dan komunikasi atau electronic-government, agar masyarakat dapat memperoleh informasi secara mudah, cepat dan tepat tentang prosedur pelayanan publik yang disediakan Pemda.

Ketiga, ketepatan penyediaan pelayanan publik berbasis electronic-government, membutuhkan kemampuan dan integritas yang tinggi dari seriap aparatur Pemerintah Daerah

Makna keempat, upaya peningkatan kinerja pelayanan publik berbasis  electronic-government, akan dapat mewujudkan tata kelola pemda yang baik dan aparatur pemda yang bersih.

Menurut Wabup, saat ini Kementerian Dalam Negeri sedang mengembangkan "Program Smart City" atau "Kota Pintar", untuk mendorong setiap Pema agar mengembangkan electronic-government dalam penyediaan pelayanan publik.

Selain itu dikembangkan pula "Program City Branding" atau "Pencitraan Kota" untuk mendorong setiap Pemda Kota memprioritaskan program pembangunan pada sektor tertentu sesuai dengan karakteristik daerah dan kebutuhan masyarakat yang berbasis electronic-government.

"Program-program tersebut merupakan bentuk fasilitasi Pemerintah Pusat untuk mendorong Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kinerja pelayanan publik," jelas Muhammad Yasin.

Upacara ini turut dihadiri Ketua Pengadilan Negeri Bantaeng Ruslan Hendra Wirawan, Sekretaris Daerah Abdul Wahab, serta seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng.

Pewarta :
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024