Makassar (Antara Sulsel) - General Manager PT Pertamina MOR VII, Joko Pitoyo meresmikan kelurahan percontohan Kampung Safety Pertamina yang berbasis partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana kebakaran.

"Kelurahan ini merupakan percontohan dan berdekatan dengan Terminal BBM Pertamina sehingga perlu diperhatikan dengan menyalurkan CSR," katanya disela peresmian, Selasa.

Kampung Safety Pertamina tersebut berada di Kelurahan Pattingalloang, Kecamatan Ujungtanah, Makassar, Sulawesi Selatan.

Menurutnya, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) di lokasi ini, maka seluruh warga wajib mengedepankan aspek Safety (kemanan) dalam kehidupan sehari-hari dan tanggap dalam menanggulangi bencana seperti kebakaran.

Berdasarkan data, dari Januari-Maret 2017, terjadi peristiwa kebakaran sebanyak 32 kasus dan rata-rata akibat kelalaian manusia.

"Untuk itu kami berinisiatif membentuk tim Safetyman berasal dari warga sekitar yang sebelumnya dilatih basic standar penanggulangan bencana kebakaran," papar dia.

Selain itu pihaknya juga menyatakan Pertamina selalu mengedapnaakn aspek Health, Safety , Security dan Environment (HSSE) dalam setiap pelaksanaan kegiatan bisnis serta operasinya.

Mengenai dengan simulasi kebakaran yang baru saja dilakukan di lokasi padat penduduk Kelurahan Pattingalloang, lanjutnya, kegiatan itu melibatkan Safetyman dibantu Pemadam Kebakaran.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk komitmen pertamina bagaimana melibatkan warga yang terlatih untuk bersama-sama mencegah dan meminimalisir terjadinya bencana dan bila sudah terjadi maka tim safetyman sudah mengetahui cara penanggulangannya.

Karena sebelumnya telah dipilih 20 orang dari masing-masing kelurahan sekitar Terminal BBM diberikan pelatihan Fire Drill dan Basic Life Support untuk menjadi kader penggerak Safetyman.

Tidak hanya, peresmian Kampung Safety Pertamina dirangkaikan simulasi kebakaran, Pertamina juga mengelar layanan pemeriksaan kesehatan gratis khusus lansia serta meresmikan Home Industri dan Sosial Care Center Kelompok Wanita Nelayan Fatimah Azzahra karena menerima bantuan CSR.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024