Bulukumba (Antara Sulsel) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Bulukumba, merekrut lima Kader Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (Kader JKN-KIS)  sesuai dengan data kecamatan yang paling banyak  tunggakan  iuran BPJS di daerah itu.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bulukumba Octavianus Andi  Dh Marut di Bulukumba, Rabu, mengatakan kader JKN-KIS memiliki peran strategis di masyarakat karena bertugas memberikan sosialisasi dalam rangka menanamkan kesadaran serta menciptakan peran serta aktif untuk mendorong partisipasi masyarakat mendaftarkan diri beserta keluarganya.

Menurut Octavianus, kesadaran peserta BPJS Kesehatan secara rutin membayar iuran JKN-KIS dan menanamkan rasa peduli sesuai slogan 'Dengan Gotong Royong, Semua Tertolong' pada akhirnya dapat menjaga keberlangsungan pembiayaan pelayanan kesehatan kepada seluruh peserta JKN-KIS.

“Kami harapkan seluruh kader JKN-KIS dapat memahami serta melaksanakan peran juga fungsinya dengan baik. Sekaligus dapat menjadi contoh sebagai peserta JKN-KIS yang baik di tengah masyarakat serta menjunjung tinggi integritas dan professionalisme dalam menjalankan tugasnya,” ujarnya.

Kader JKN-KIS  peran dan fungsi utamanya adalah sebagai mitra dan perpanjangan tangan dari BPJS Kesehatan yang bekerja secara sukarela dalam rangka mengoptimalkan pengingat dan pengumpulan Iuran, pendaftaran peserta, sosialisasi, edukasi serta pemberian informasi dan kebijakan terkini BPJS Kesehatan.

Kepala Unit Hukum Komunikasi Publik dan Kepatuhan BPJS Cab. Bulukumba Aggif Q Azhary, menuturkan dengan adanya kader JKN-KIS ini, sosialisasi tentang pentingnya agar tidak menunggak iuran BPJS dan informasi lainnya bisa sampai ke masyarakat

"Dengan adanya kader JKN-KIS ini mereka akan 'door-to-door' ke rumah warga, tujuannya meningkatkan peran serta masyarakat dan lebih memudahkan warga yang berdomisili di desa/kecamatan dan jauh dari loket pembayaran untuk membayar iuran, mendaftarkan keluarga yang belum terdaftar dan memberi informasi kepada masyarakat tentang pentingnya BPJS Kesehatan dan informasi lainnya," ujar Anggif.

BPJS Cabang Bulukumba bekerja sama dengan Bank Negara Indonesia (BNI) 46, dengan menempatkan Agen BNI 46 sebagai mitra Kader JKN-KIS untuk melaksanakan 'Payment Point Online Bank' sehingga pembayaran iuran BPJS Kesehatan semakin mudah untuk dilakukan.

Pewarta : Syamsurya Pratama
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024