Makassar (Antara Sulsel ) - Universitas Negeri Makassar (UNM) dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional sebagai momentum atau refleksi dari berbagai upaya yang telah dan sedang dilakukan dalam melaksanakan program memajukan pendidikan, khususnya mutu pendidikan tinggi di Indonesia.

"Hardiknas sebagai refleksi berbagai upaya yang telah dan sedang kita dilakukan dalam melaksanakan program memajukan pendidikan, khususnya mutu pendidikan tinggi di Indonesia,"ujar Rektor UNM Prof Dr Husain Syam, MTP dalam sambutan seragam Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi pada Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2017 di Pelataran Menara Pinisi,Makassar, Selasa.

Lebih lanjut, rektor menyampaikan tema Hardiknas tahun ini yakni "Peningkatan Relevansi Pendidikan Tinggi untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi".

Tema ini dipilih untuk menekankan bahwa sekarang ini tibalah saatnya perguruan tinggi dalam melaksanakan Tri Dharma Pendidikan Tinggi agar lebih memperhatikan dampak dari aktivitasnya terhadap pengembangan ekonomi, terutama ekonomi di daerahnya.

"Dengan kata lain perguruan tinggi lebih dapat memerankan dirinya sebagai agent of economic development disamping agent of education dan agent of research and development", tambahnya.

Peningkatan relevansi pendidikan tinggi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dapat dilakukan melalui beberapa cara. Pertama, dalam bidang pendidikan dengan menghasilkan lulusan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja.

Kedua, dalam bidang penelitian dapat dilakukan melalui hilirisasi penelitian di PT. Dan yang terakhir, dalam bidang pengabdian kepada masyarakat dapat dilakukan melalui kerjasama yang lebih intesif lagi antara PT dan pemerintah daerah dan industri.

Melalui sambutannya, Menristek mengundang berbagai pihak untuk dapat berkolaborasi, berpartisipasi, dan berkontribusi dalam upaya menjadikan perguruan tinggi sebagai institusi yang inovatif, kompetitif dan secara nyata dapat berkontribusi pada pembangunan ekonomi sosial.

  Peringatan ini juga dijadikan momentum untuk memberikan penghargaan tanda kehormatan Satyalencana Karya Satya pegawai negeri sipil dengan masa bakti 10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun dan ditutup dengan penampilan Atraksi Marching Band oleh Gita Suara PGSD UNM.  

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024