Sinjai (Antara Sulsel) - Wakil Bupati (Wabup) Sinjai H Andi Fajar Yanwar menyampaikan terima kasih kepada TNI atas pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

"Pemerintah bersama jajaran dan masyarakat Kabupaten Sinjai mengucapkan terima kasih kepada TNI atas pelaksanaan TMMD  di Kecamatan Sinjai Barat," kata Wabup Sinjai di sela penutupan TMMD ke-98 di Sinjai, Kamis.

Upacara penutupan TMMD Ke-98 tahun 2017 Kodim 1424 Sinjai dengan  tema "Dengan Semangat Kemanunggulan TNI dan Rakyat Kita Percepat Pembangunan di Daerah Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Rangka Menjaga Keutuhan Wilayah NKRI".

Dandim 1424 Sinjai Letnan Kolonel Infantri Czi Gunawan Susianto mengatakan kegiatan TMMD Ke-98 berlangsung selama 30 hari (5 April - 4 Mei 2017) di Kelurahan Balakia dan Desa Gunung Perak Kecamatan Sinjai Barat dengan melibatkan 150 personel TNI.

"Adapun bentuk kegiatan  diantaranya adalah sasaran fisik meliputi timbunan pilihan dari sumber galian, galian biasa,   cadas muda,  selokan drainase dan saluran air, pasangan beton dengan mortar, gorong-gorong pipa beton, sementara  non fisik berupa penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, penyuluhan paham radikalisme, teroris dan balatkom, penyuluhan hukum dan kantibmas, bakti sosial (pengobatan dan sunatan massal),  dan pembagian sembako," ujar Gunawan.

Sementara itu,  amanat Kepala Staf Angkatan Darat yang dibacakan Inspektur Upacara Marsekal Muda Umar Sugeng Haryono mengatakan selama satu bulan prajurit TNI, anggota Polri, Pemerintah Daerah dan seluruh komponen masyarakat telah bekerja keras dengan semangat kebersamaan dilandasi  semangat kemanunggalan untuk menyelasaikan kegiatan  TMMD.

"Kebersamaan seperti inilah yang sebenarnya merupakan hakikat dari kemanunggalan TNI-Rakyat yang merupakan roh perjuangan Bangsa dan terus kita bangun  serta dipelihara guna menyiapkan ruang, alat, dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara Indonesia yang mengedepankan keterpaduan antara TNI dengan Rakyat," jelas Umar Sugeng.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pangkopsau II Lanud Hasanuddin, Irdam XIV/Hasanuddin, Kasiter Rem 141/Toddopuli, Dandim Bantaeng,  Dandim Jeneponto,  Forkopimda Kabupaten Sinjai, para Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabuten Sinjai, Kabag, Camat, Lurah dan Kepala Desa Se-Kecamatan Sinjai Barat.

Pewarta :
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024