Bulukumba (Antara Sulsel) - Dinas Pemuda dan Olahraga Bulukumba kerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menggelar Perkemahan Ilmiah Remaja Regional Sulawesi Selatan (PIR Sulsel),  8-11 Mei 2017 di Sanggar Kegiatan Belajar Bulukumba.

Bupati Bukukumba  AM Sukri Sappewali saat membuka acara di Bulukumba, Senin, mengatakan pihaknya sementara menjajaki kerjasama dengan LIPI untuk pengembangan Kebun Raya di Kahayya Kecamatan Kindang,  seraya mengapresiasi lembaga tersebut.

“Saya mengajak pihak LIPI untuk terlibat dalam pengembangan Kebun Raya Kahayya, di sana kita bisa mengembangkan ilmu pengetahuan bidang tumbuhan dan hayati," imbuhnya.

Menurut bupati, investasi di bidang pendidikan tidak bisa dilihat hasilnya secara cepat, kita akan lihat hasilnya 10-20 tahun yang akan datang.

Kegiatan ini, tambah AM Sukri diharapkan dapat  menjadi wahana yang akan menumbuhkan motivasi dan menghasilkan karya serta inovasi teknologi tepat guna yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Sementara itu, Ketua Panitia PIR Sulsel Hasanuddin Sarehong mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk membiasakan remaja memanfaatkan waktu luang dengan aktifitas ilmiah, melakukan penelitian yang terkait dengan lingkungan.

Menurut dia, kegiatan yang dilaksnakan di lapangan terbuka  berorientasi pada penelitian yang mencakup bidang ilmu pengetahuan alam,  sosial dan teknologi tepat guna.

Selain itu,  para remaja dibimbing melaksanakan penelitian ilmiah secara metodologis, dan diarahkan untuk menanamkan sikap dan perilaku scientific minded, scientific curiosity, dan scientific approach.

Kepala Bagian Ilmiah Masyarakat LIPI Yusuar Harun, mengatakan kerjasama LIPI dengan Pemerintah Kabupaten Bulukumba terkait PIR sudah terjalin sejak tahun 2006,.

Dia menambahkan,LIPI sangat mengapresiasi minat  Pemkab Bulukumba yang memanfaatkan sains sebagai dasar pembangunan sumber daya manusianya.

“Ini merupakan rangkaian dari proses seleksi dalam keikutsertaan siswa-siswi Sulsel pada PIR Nasional tahun 2017 di Provinsi Aceh” ujarnya.

Selain siswa-siswi yang menjadi peserta, pembukaan PIR dihadiri antara lain para guru pendamping, Kepala Sekolah SMP sederajat, Kepala SMA dan sederat, serta Kadis Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bulukumba Andi Muh Hamka.

Pewarta : Syamsurya Pratama
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024