Makassar (Antara Sulsel) - Masyarakat dan pegawai lingkup Pemerintah kota (Pemkot) Makassar menghimpun dana bantuan kemanusiaan bagi korban gempa Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi DI Aceh.

"Alhamdulillah, bantuan berupa donasi yang masuk dari masyarakat umum dan pegawai lingkup Pemkot Makassar ini akan kita serahkan kepada PMI pusat untuk disalurkan ke saudara-saudara kita di sana," ujar Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Makassar Aswis Badwi di Makassar, Rabu.

Ia mengatakan, bantuan donasi yang masuk itu terkumpul sejak beberapa waktu lalu dan baru sekarang donasi tersebut akan diserahkan langsung ke PMI Pusat.

Aswis mengaku jika bantuan donasi akan diserahkan secara bertahap di mana dirinya langsung bertolak ke Jakarta tepatnya ke Kantor Pusat PMI, Jalan Gatot Subroto untuk menyerahkan bantuannya.

Donasi bantuan pada tahap awal ini yang diserahkannya itu sebesar Rp30 juta dari total donasi yang masuk sebesar Rp100 juta dan diterima Sekjend PMI Pusat dr Ritola Tasmaya.

"Tahap kedua segera ditransfer sebesar Rp70 Juta ke rekening PMI Pusat untuk diteruskan kepada saudara-saudara kita di Pidie Jaya," kata Aswis.

Nantinya, bantuan kemanusiaan itu, lanjut dia, akan dimanfaatkan untuk membangun infrastruktur di Pidie Jaya yang luluh lantak akibat gempa berkekuatan 4,5 skala Richter yang mengguncang Pidie Jaya pada Sabtu, 25 Februari 2017 lalu pukul 15.01 WIB.

"Akan dimanfaatkan untuk mendanai pembangunan gedung sekolah dan lainnya," kata Sekjend dr Ritola kepada dirinya saat berbincang di kantor PMI.

Aswis Badwi mewakili masyarakat dan Pemkot Makassar menyampaikan rasa duka cita mendalam atas musibah gempa yang menimpa Pidie Jaya. Meski telah berlalu tiga bulan, bantuan terus mengalir bagi korban gempa yang disalurkan melalui PMI.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024