Makassar (Antara Sulsel) - Wakil Gubernur Sullawesi Selatan (Wagub Sulsel) Agus Arifin Nu`mang berharap Provinsi Sulsel dapat terpilih menjadi tuan rumah pada Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (PENAS KTNA) selanjutnya.

"Kami berharap Sulsel terpilih menjadi tuan rumah pelaksanan Penas KTNA berikutnya, karena Sulsel sudah sangat lama tidak menjadi pelaksana Penas KTNA," kata Agus di sela kunjungannya di Banda Aceh Guna menghadiri penutupan Penas KTNA XV 2017, sebagaimana dikutip dari Kepala Sub Bagian Pemberitaan Biro Protokol dan Humas Setda Provinsi Sulsel di Amrullah Hanafie di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan bahwa Sulsel terakhir menjadi tuan rumah pada saat pelaksanaan Penas KTNA ke VII, atau sekitar delapan tahun lalu.

Pada kesempatan tersebut, Wagub Sulsel menyempatkan diri bertatap muka dengan para petani yang tergabung dalam KTNA asal Sulawesi Selatan di Lhong Raya Banda Aceh, Rabu Malam, (10/5).

Di hadapan para kontingen KTNA asal Sulsel, Agus mengatakan Sulsel dengan Banda Aceh memiliki hubungan emosional yang sangat dekat. Makanya menurut dia, orang Aceh dan orang Sulsel memiliki karakter, dan kultur yang sama.

"Antara Sulsel dengan Aceh itu memiliki hubungan yang sangat dekat, makanya memiliki kesamaan kultur bahkan karakternyapun sama, kalau di Aceh disebut serambi Mekkah, di Sulsel disebut serambi Madinah," kata Agus.

Agus juga mengakui kalau pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan yang maju pesat itu karena peran sektor pertanian yang juga maju.

Olehnya itu, dia berharap kepada seluruh petani yang mengikuti Penas KTNA XV dapat menyerap ilmu untuk kemudian diterapkan di daerahnya masing masing.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024