Makassar (Antara Sulel) - Dua orang mahasiswa Universitas Savoie Mont Blanc (USMB), Prancis melakukan magang kuliah di Jurusan Teknik, Kimia, Fakultas Teknik Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.

"Mereka sengaja datang ke Makassar dan memilih FTI UMI. Mereka magang kuliah untuk meneliti energi dan lingkungan," ujar Dekan FTI UMI Makassar Ir H Zakir Sabara HW, ST MT IPM ASEAN Eng, di Makassar, Selasa.

Kedua mahasiswa dari benuar Eropa itu yakni Matthieu Delpla dan Pauline Clemang disambut hangat oleh sivitas fakultas teknik industri serta sivitas mahasiswa UMI lainnya.

Ia mengatakan, proses magang kuliah oleh dua mahasiswa mancanegara itu akan berlangsung selama tiga bulan penuh dengan dibimbing oleh para dosen berpengalaman di FTI UMI.

Selama di FTI mahasiswa akan melakukan penelitian dan juga terlibat dalam kegiatan akademik di FTI. Hadirnya mahasiswa magang USMB di UMI ini adalah merupakan bagian dari implementasi kerja sama konsorsium Indonesia-Perancis Sustainable Tourism antara UMI, USMB Perancis dan lima universitas lain di Indonesia.

"Selama mengikuti magang kuliah ini, kedua mahasiswa Prancis itu akan didampingi dosen dan peneliti ahli FTI selama melakukan penelitian," katanya.

Lebih lanjut dijelaskannya, kehadiran mahasiswa mancanegara itu akan menjadi pemacu bagi FTI untuk semakin meningkatkan kualitas ke fakultas kelas dunia.

Selain itu, magang kuliah merupakan wadah dan kesempatan bagi mahasiswa FTI untuk berinteraksi dengan mahasiswa asing yang akan bermanfaat untuk meningkatkan soft skill calon calon insinyur utamanya dalam penguasaan bahasa Inggris.

Kegiatan penelitian kedua mahasiswa di Teknik Kimia akan dibimbing oleh pembimbing yang berkompeten sehingga mereka diharapkan siap untuk melakukan ujian akhir yang akan dilaksanakan pada minggu pertama bulan Juli 2017 yang akan dihadiri oleh Prof Herve Boileau dari USMB Perancis.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024