Makassar (Antara Sulsel) - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Wagub Sulsel) Agus Arifin Nu`mang mengatakan stok pangan di wilayah ini aman bahkan hingga memasuki Idul Adha mendatang.

"Stok pangan misalnya untuk beras, daging, dan daging ayam selama Ramadhan, lebaran, bahkan sampai Idul Adha itu cukup," kata Agus di sela peninjauan ke sejumlah pasar tradisional dan retail modern di Makassar, Selasa.

Berdasarkan laporan dinas perdagangan, kata dia, stok beras cukup hingga 26 bulan ke depan, sementara daging dan daging ayam cukup hingga 5 bulan lebih.

Dari sisi harga, lanjutnya, untuk gula harganya sudah seragam sesuai dengan imbauan pemerintah Rp12.500 per kg, sementara untuk minyak kelapa Rp11.000 per liter.

Untuk daging, kata wagub, berdasarkan laporan harganya masih di bawah Rp100 ribu per kilogram, bahkan untuk daging beku masih Rp60 ribu per kg.

Khusus untuk komoditi holtikultura seperti cabai dan bawang merah, lanjutnya, sejauh ini di Makassar terpenuhi dengan baik.

Sementara untuk bawang putih, harga mulai merangkak naik, sehingga pihaknya akan mendatangkan komoditi ini dari importir di Surabaya.

"Saya minta pak wali kota dan aparat untuk mengawasi, jangan sampai ada pihak yang bermain main soal stok dan harga," katanya.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024