Manado (Antara Sulsel) - Kualitas rumah panggung Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus ditingkatkan sehingga mampu menjangkau pasar ekspor di banyak negara.

"Saat ini rumah panggung Minahasa sudah menembus pasar Asia, Eropa, Amerika dan Afrika,ke depan optimistis pangsa pasar menjadi lebih luas karena pengrajin terus berupaya meningkatkan kualitas," kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Darwin Muksin di Manado, Sabtu.

Dia mengatakan kualitas kayu rumah panggung Minahasa sudah baik, namun harus terus ditingkatkan sesuai dengan permintaan buyers atau pembeli.

"Biasanya pembeli luar negeri, sangat detail melihat produk barang tersebut," katanya.

Dia mengatakan apalagi, ada beberapa negara membeli rumah panggung Minahasa dengan permintaan khusus, hal ini harus mendapat perhatian khusus pula dari pengrajin.

Dia menjelaskan pusat kerajinana rumah panggung Minahasa berada di Kelurahan Woloan Kota Tomohon dan Mokobang Minahasa Selatan.

Selama ini, katanya, selain pemerintah pusat dan provinsi, juga Kota Tomohon yang memberikan perhatian yang tinggi, karena industri ini akan mampu mensejahterakan masyarakat.

Sehingga, katanya, sinergitas antara pemerintah dan pelaku usaha rumah panggung terus memperluas jaringan bisnis yang berorientasi ekspor secara profesional dan bertanggung jawab.

Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan, kata dia, telah memfasilitasi pemasaran produk rumah kayu Kota Tomohon baik nasional maupun berskala internasional.

"Industri rumah panggung juga menciptakan peluang dan penyerapan tenaga kerja serta sektor ekonomi kecil dan menengah," katanya.

Selain itu, industri rumah adat Minahasa tersebut mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pendapatan asli daerah sehingga Pemerintah Kota Tomohon terus berupaya membantu pelaku usaha rumah panggung dalam pengadaan, serta diversifikasi produk ekspor. 

Pewarta : Fidel Malumbot
Editor :
Copyright © ANTARA 2024