Makassar (Antara Sulsel) - Bupati Luwu Timur, Muh Thorig Husler memastikan stok harga sembako di daerahnya masih tetap stabil setelah turun memantau harga bahan makanan pokok di pasar tradisional Malili, Luwu Timur, Sulsel.

"Stok barang kebutuhan pokok masyarakat masih tersedia, dan kita akan upayakan agar stok pangan dan stabilitas pangan bisa terjaga sampai hari raya Idul Fitri nanti," kata Husler dalam rilisnya di Makassar, Sabtu.

Pada saat pemantauan harga sembako, Bupati berkeliling ke sejumlah kios di pasar. Saat berkeliling, Husler dialog dengan sejumlah pedagang menayakan kondisi stok dan harga bahan makanan pokok lainnya.

Di pasar tradisional Malili harga barang cenderung masih normal, walaupun permintaan masyarakat meningkat saat ramadhan namun stok dan harga kebutuhan pangan masyarakat masih dalam kondisi wajar.

"Bahan pokok kita masih aman. Masyarakat juga dapat membeli kebutuhan pokok dengan harga masih relatif terjangkau. Belum ada kenaikan signifikan terhadap harga barang di pasaran," jelasnya.

Data dari dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Luwu Timur menyebutkan rata-rata harga komoditi masih stabil seperti bawang merah, cabai dan beragam komoditi lainnya.

"Kami berharap kondisi ini (kestabilan) harga barang dapat terjaga hingga menjelang dan pasca lebaran. Memang ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan namun tidak terlalu signifikan seperti bawang putih dan wortel. Kenaikannya masih relatif wajar," ucap Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM, Rosmiyati Alwy.

"Pemkab Luwu Timur melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM akan terus memantau perkembangan harga untuk menjaga stabilitas harga dibulan Ramadhan sampai akhir Lebaran,"sebutnya.

Selain itu, masyarakat juga diajak untuk terus berbelanja ke pasar tradisional, karena selain membaiknya perekonomian, pasar tradisional juga menjadi tempat bersilaturahmi.

Bupati Luwu Timur sekaligus menghimbau kepada seluruh pedagang termasuk pengelola pasar agar menjaga kebersihan pasar sehingga orang merasa nyaman saat berbelanja di pasar.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024