Makassar (Antara Sulsel) - Seorang tahanan Kejaksaan Negeri Bulukumba, Sulawesi Selatan, Adil Jainuddin alias Abu melarikan diri tepat saat turun dari mobil tahanan.

Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan Kombes Pol Dicky Sondani di Makassar, Kamis, mengatakan, kaburnya tahanan kasus narkoba itu kemungkinan sudah direncanakan sejak awal.

"Memang benar, salah satu tahanan Kejaksaan Negeri Bulukumba kabur usai mengikuti persidangan di Pengadilan Negeri Bulukumba," ujarnya.

Ia mengatakan, berdasarkan keterangan yang dilaporkan oleh seorang sipir Lapas Bulukumba, Zulkifli bahwa pelaku memanfaatkan situasi tahanan lainnya yang turun dari mobil tahanan.

Dijelaskannya, saat saksi sipir Lapas Bulukumba mengatur para tahanan yang baru turun dari kendaraan tahanan dan mengarahkannya ke pintu masuk, Adil yang lompat dari kendaraan melarikan diri dengan tangan terborgol.

Saat itu, tersangka Adil tangannya terborgol dengan tahanan lainnya dan saat melarikan diri juga menarik tahanan itu hingga borgolnya terlepas.

Rekan Adil dengan menggunakan sepeda motor yang sudah berada di pinggir jalan sudah menunggunya sebelum mobil tahanan tersebut datang.

"Jadi memang ini perencanaannya sangat matang karena rekannya di pinggir jalan sudah menunggunya dan saat Adil lompat dari mobil tahanan langsung melarikan diri ke rekannya itu," katanya.

Saat kejadian itu, lanjutnya, beberapa petugas Lapas lainnya berusaha mengejarnya, namun gagal karena motor yang membawa Adil Jainuddin sudah melajukan kendaraannya.

Bahkan para tahanan lainnya juga bereaksi atas kaburnya Adil, namun petugas Lapas lainnya lebih mengarahkan para tahanan itu agar masuk ke dalam pintu yang sudah terbuka.

"Ternyata saat diperiksa selnya, pakaian dari tahanan itu sudah tidak ada dan memang itu sudah diambil rekannya saat membesuk," katanya.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024