Makassar (Antara Sulsel) - Universitas Hasanuddin memberikan bimbingan dan bantuan teknis kepada tiga perguruan tinggi di Sulawesi Selatan yang masih berstatus akreditasi C agar dapat meningkat menjadi akreditasi B.

Kepala Humas Unhas, Ishaq Rahman di Makassar, Minggu, mengatakan ini bagian dari "Program Asuh Menuju PT Unggul".

Program ini merupakan upaya dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan proses pendidikan pada perguruan tinggi (PT) di Indonesia, yakni Kemenristekdikti melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa).

"Unhas merupakan PT Unggul sebagai pelaksana kegiatan ini akan memberikan bimbingan penjaminan mutu kepada Universitas Cokroaminoto Makassar, Universitas Andi Jemma Palopo dan Universitas Muhammadiyah Parepare," katanya.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPMI) Universitas Hasanuddin, Prof Dr Dirayah Rauf Husain menjelaskan, Unhas termasuk 26 perguruan tinggi yang terpilih untuk memberikan bimbingan dan bantuan teknis kepada PT yang masih berstatus akreditasi C agar dapat meningkat menjadi akreditasi B.

Sebagai pelaksana program ini, kata dia, Unhas akan melakukan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk pelaksanaan dan penguatan secara utuh Sistem Penjaminan Mutu Internal dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Berbagai kegiatan yang dilaksanakan antara lain, penguatan `leadership`, bimbingan teknis penyusunan dokumen mutu SPMI yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi, strategi meraih hibah penelitian dan hilirisasinya serta publikasi pada jurnal internasional bereputasi," katanya.

Kegiatan ini diharapkan akan mampu memotivasi dan mendorong peningkatan kinerja Tri Dharma dari ketiga civitas akademika PT tersebut, sehingga nantinya akan berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan sehingga reputasi dan akreditasi prodi akan lebih baik.

Rektor Universitas Cokroaminoto Makassar (UCM), Prof Dr Muhammad Asdar menyambut dengan gembira pelibatan dalam kegiatan ini.

"Ini merupakan suatu rahmat bagi kampus kami. Saya baru saja dilantik sebagai Rektor UCM pada 7 April 2017 lalu. Kemudian kampus kami terpilih untuk memperbaiki mutu prodi dan universitas, bagaimana membuat jurnal internasional, `leadership` dan hal-hal terkait. Kami siap melaksanakan kegiatan ini," katanya.

UCM telah menyiapkan tim yang akan terlibat dalam implementasi Program Asuh PT Unggul yang akan berlangsung selama masa 4 bulan kedepan. 

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024